Jangan Hanya Ditahan, Melepaskan Kesedihan Bisa dengan 10 Cara ini
Ilustrasi wajah sendu (Unsplash/Andriyko Podilnyk)

Bagikan:

JAKARTA – Kesedihan merupakan kondisi perasaan yang tidak menyenangkan. Jika merasakannya dan hanya ditahan saja tanpa mencari solusi atau cara melepaskannya, dapat menyebabkan depresi. Agar mental tetap sehat dan hidup terasa menyenangkan, ada cara-cara khusus untuk melepaskan kesedihan.

Ingin tahu cara-caranya untuk mendapatkan rasa lega dan tidak terkungkung dalam payung kesedihan? Cek berikut di bawah ini.

Menangis

Menangis adalah aktivitas natural, sama seperti bersendawa, kentut, dan menghela napas. Menangis juga satu cara untuk melegakan hati yang tertekan.

Menangis membuat seseorang mengakui kondisi paling rapuh dari dirinya. Bahkan sebuah studi mengungkapkan bahwa orang menangis itu orang yang kuat sebab mampu mengidentifikasi atau mengenali perasaannya sendiri.

Menulis

Menulis puisi tentu bukan cara yang asing untuk melepaskan kesedihan. Daripada dipendam dan jadi penyakit, seseorang bisa mengekspresikan rasa sedihnya dengan menulis puisi. Ketika merasa sedih, jiwa perlu didetoksifikasi.

cara melepaskan kesedihan
Ilustrasi membuka buku (Unsplash/Anna Hecker)

Dan menulis puisi atau mengolah emosi menjadi bahasa dan kata-kata dapat membuat perasaan lebih baikan.

Mendengarkan musik

Baik itu musik sedih atau musik yang menenangkan, cobalah ikuti iramanya. Ikuti juga aliran emosi, jika meluap maka kesempatan menangis atau menyanyi keras-keras membuat perasaan jadi lebih rileks.

Berdandan dan memakai koleksi pakaian terbaik

Saat merasa sedih, cobalah buka-buka lemari pakaian Anda. Pilih pakaian yang paling bagus dan berdandanlah. Ini sedikit membuat kesedihan sedikit terlupakan.

Jalan-jalan

Kesedihan berlarut-larut membuat waktu seperti tidak bergerak, tahu-tahu sudah menyita banyak waktu untuk nelangsa. Cara paling baik, cobalah berjalan-jalan ke luar rumah. Anda akan melihat banyak hal dan lupa dengan peristiwa yang menekan.

Menyibukkan diri

Seorang psikolog pernah mengatakan tentang ‘happiness is busyness’. Maksunya, menyibukkan diri dapat membuat seseorang merasa lebih bahagia. Mengapa?

Melakukan banyak hal tidak akan memberi kesempatan terlarut dalam kesedihan. Anda bisa bertemu dengan banyak orang, banyak teman, dan tentu saja menemukan tawa.

Melakukan gerakan ritmis

Gerakan ritmis dalam aktivitas berjalan, berlari maupun berkendara dapan memicu endorfin tubuh dilepaskan. Seperti yang telah diketahui bersama, bahwasanya olahraga dapat membuat seseorang merasa lebih bahagia.

cara menghilangkan kesedihan
Ilustrasi jalan-jalan di taman (Unsplash/Biel Morro)

Menikmati alam bebas

Udara sejuk, pemandangan indah, cicit burung berdendang di pepohonan, dan senyuman orang asing membuat seseorang yang merasa sedih merasa ‘baru’. Cara ini dapat menghidupkan suasana hati yang kelabu.

Menyantap comfort food

Menyantap makanan yang lembut dan dapat memicu pelepasan hormon bahagia dapat membantu Anda merasa lega. Namun perlu diingat, hindari porsi menggunung. Ukur porsi yang pas dan nikmati setiap suapannya. Cobalah juga mengidentifikasi racikan bumbunya.

Membuat tubuh nyaman

Ada beberapa aktivitas yang menyamankan tubuh. Seperti meditasi, mandi air hangat, belanja tanaman, atau berkebun. Lakukan aktivitas positif untuk membuat tubuh Anda rileks dan tetap berpikiran positif.

Cara terakhir untuk melepaskan kesedihan adalah dengan tertawa. Hubungi orang terdekat, ajak mereka makan di luar, bercerita, dan tertawa.