Manfaat Positif <i>Tai Chi</i> untuk Kesehatan dan Keseimbangan Tubuh
Ilustrasi gerakan tai chi (Unsplash/Monica Leonardi)

Bagikan:

JAKARTA – Kesehatan dan keseimbangan dibutuhkan usaha untuk mendapatkannya. Misalnya dengan mengonsumsi makanan empat sehat lima sempurna dan olahraga. Berbicara soal olahraga, Tai Chi memiliki bermanfaat untuk menyeimbangkan kesehatan tubuh. Apa kelebihan olahraga ini?

Dilansir oleh Harvard Health Publishing di Harvard Medical School, Tai Chi awalnya masuk dalam cabang olahraga beladiri dan dikenal dengan meditasi bergerak. Jika biasanya meditasi dilakukan dengan duduk nyaman dan tidak bergerak atau berpindah tempat maka berbeda dengan Tai Chi.

Pada prinsipnya, Tai Chi dan meditasi itu sama. Keduanya dipraktikan untuk menyeimbangkan energi dan menyehatkan tubuh serta mental. Tai Chi menggunakan gerakan yang pelan tanpa boleh beristirahat. Setiap perpindahan dari satu gerakan ke gerakan lainnya tidak boleh terpotong.

Dalam mempraktikkan Tai Chi, gerakan tidak dipaksakan. Otot-otot tubuh rileks sejalan dengan mengalirnya napas. Gerakan-gerakan Tai Chi jauh dari tekanan dan ketegangan, itu artinya bersifat fleksibel serta bisa dilakukan oleh siapa pun. Termasuk seorang pasien yang memakai sepatu roda.

Tai Chi memiliki landasan filosofis. Meski begitu, Anda tidak perlu membuang banyak waktu untuk menyelami teorinya. Pada intinya, terdapat dua konsep yang cukup representatif dalam menjelaskan konsep Tai Chi yaitu Qi serta Yin dan Yang.

Tai Chi memiliki kekuatan dalam menghentikan dan mendorong aliran Qi dalam tubuh. Di samping konsep tersebut, Tai Chi juga mampu menyeimbangkan elemen energi berlawanan, Yin dan Yang.

Praktik Tai Chi jauh dari rasa sakit. Meski meditasi dilakukan dengan senantiasa bergerak, gerakan yang dilakukan mengutamakan kekuatan otot, fleksibilitas, dan keseimbangan.

Manfaat lainnya, beberapa penelitian membuktikan bahwa menekuni Tai Chi mampu menurunkan risiko mengalami berbagai penyakit, baik penyakit fisik maupun mental. Seperti menurunkan tekanan darah tinggi pemicu serangan jatung dan merilekskan.

Bagi penderita diabetes, pikiran seringkali memicu naiknya kadar glukosa dalam darah atau diabetes. Melakukan Tai Chi mampu memperbaiki masalah tersebut terutama diabetes tipe-2.

Selanjutnya, meski Tai Chi gerakannya lembut namun energi yang dibutuhkan setara dengan gerakan aerobik. Gerakan meditatif ini juga disarankan dilakukan sebagai latihan kardio.

Mungkin sulit membayangkan bagaimana gerakan lembut dan pelan mengeluarkan energi setara dengan aerobik dan latihan kardio. Namun, Tai Chi seperti menyatukan tubuh, kontrol pikiran, dan selaras dengan napas dengan gerakan pelan.

Prinsip menyatunya pikiran, gerakan tubuh, dan nafas sebenarnya dilakukan juga dalam gerakan meditasi. Nah, ingin mempraktikkannya? Anda dapat berkonsultasi pada ahli Tai Chi