7 Jenis Olahraga yang Baik untuk Penderita Diabetes
Ilustrasi olahraga untuk penderita diabetes (Freepik/User18526052)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Olahraga menjaga kesehatan tubuh tetapi juga memengaruhi kesejahteraan secara psikis. Bagi penderita diabetes, olahraga perlu dilakukan secara rutin untuk menurunkan gula darah, tekanan darah, meningkatkan energi, dan membantu tidur lebih nyenyak. Untuk penderita diabetes, latihan fisik yang berat rentan memicu dampak buruk, bisa mencari opsi olahraga yang aman di antaranya sebagai berikut.

1. Berjalan

Olahraga yang sederhana tetapi bermanfaat ganda untuk penderita diabetes, adalah berjalan. Selain menjaga kesehatan fisik, juga menurunkan stress. Anda bisa jalan cepat 30 menit hingga 1 jam sebanyak 3-4 kali seminggu. Kalau sudah terbiasa, Anda perlu melacak langkah dan kemajuan jarak secara bertahap.

2. Menari

Menari bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk berolahraga. Goyangkan saja alur Anda selama 25 menit, 3 hari seminggu untuk membantu jantung Anda, menurunkan gula darah, mengurangi tingkat stres, dan membakar kalori. Anda juga tidak memerlukan mitra untuk memulai. Kursi bisa menjadi penopang yang baik jika Anda membutuhkannya.

olahraga untuk penderita diabetes
Ilustrasi olahraga untuk penderita diabetes (Freepik/karlyukav)

3. Berenang

Berenang adalah salah satu latihan aerobik yang tidak membuat persendian Anda tegang seperti yang lainnya. Ini juga memungkinkan Anda melatih otot di tubuh bagian atas dan bawah secara bersamaan. Olahraga di air ini juga baik untuk jantung Anda. Selain juga dapat menurunkan kolesterol dan membantu Anda membakar kalori. Jika penjaga kolam renang sedang bertugas, beri tahu mereka bahwa Anda menderita diabetes.

4. Bersepeda

Melawan diabetes bisa semudah mengendarai sepeda. Bersepeda selama 30 menit sehari 3 hingga 5 kali seminggu dapat meningkatkan detak jantung, membakar gula darah, dan membantu Anda menurunkan berat badan tanpa melukai lutut atau persendian lainnya.

5. Naik turun tangga

Opsi lain untuk berolahraga bagi penderita diabetes, bisa dengan naik turun tangga. Sama seperti manfaat olahraga yang disebutkan sebelumnya, bahwa naik turun tangga dapat membakar kalori, jantung dan paru-paru bekerja lebih cepat, yang mana baik bagi penderita diabetes tipe 2. Melansir WebMD, Minggu, 19 Februari, naik turun tangga bisa dilakukan selama 3 menit setelah 1-2 jam setelah makan. Ini bermanfaat membantu membakar gula darah.

olahraga untuk penderita diabetes
Ilustrasi olahraga untuk penderita diabetes (Freepik/DCStudio)

6. Latihan kekuatan

Latihan kekuatan dilakukan dengan angkat beban sesuai dengan kapasitas. Ini dapat menurunkan gula darah dan membangun otot serta membuat tulang lebih kuat. Untuk hasil maksimal, lakukan dua kali seminggu selain aktivitas aerobik seperti push-up, sit-up, squats, dan lunges.

7. Tai chi

Gerakan tai chi menggunakan gerakan yang lambat dan terkontrol diikuti pernapasan dalam. Ini berguna membangun kekuatan, membantu keseimbangan, dan fleksibilitas. Di samping itu, tai chi juga menurunkan tingkat stress yang juga bantu cegah kerusakan saraf kaki.

Itulah ketujuh olahraga untuk penderita diabetes yang akan optimal hasilnya jika dilakukan secara rutin. Apabila Anda sudah lama tidak olahraga, maka saatnya membuat perubahan kecil untuk Kesehatan fisik Anda.