Bagikan:

YOGYAKARTA – Terdapat sejumlah faktor risiko penyebab diabetes tipe 2, diantaranya kelebihan berat badan, riwayat keluarga, atau prediabetes. Bagi penderita diabetes, makan harus dikontrol. Terlebih makan makanan yang mengandung gula atau indeks glikemik tinggi. Lantas bagaimana jika penderita diabetes tipe 2 makan buah lebih banyak? Seperti yang kita ketahui, buah mengandung gula alami, berbeda dengan minuman manis kemasan yang membubuhkan gula buatan.

Gula dalam buah lebih sedikit dibanding gula tambahan yang tidak bisa dikontrol. Meski makan buah aman bagi penderita diabetes tipe 2, mereka hanya boleh mengonsumsi dalam porsi sedang saja.

bolehkan penderita diabetes tipe 2 makan lebih banyak buah
Ilustrasi bolehkah penderita diabetes tipe 2 makan buah lebih banyak (Freepik)

Buah mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat. Selain itu, mengandung gula alami yang tinggi sehingga dalam beberapa produk menggunakan gula dalam buah sebagai pemanis pengganti. Melansir Medical News Today, Minggu, 9 Juni, secara umum mengonsumsi buah sebagai bagian dari pola makan sehat tidak meningkatkan risiko diabetes. Pola makan yang tinggi gula, karbohidrat olahan, dan lemak jenuh cenderung lebih berisiko. Namun, mengonsumsi buah lebih dari jumlah harian yang direkomendasikan dapat menambah terlalu banyak gula ke dalam makanan.

Jenis buah dan batasan makan buah penting dicatat. Perlu juga diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari yang sehat. Jenis buah segar, lebih aman dikonsumsi daripada buah kering. Bahkan smoothies dan jus buah juga harus dibatasi, kecuali tidak ditambahkan gula sama sekali.

bolehkah penderita diabetes tipe 2 makan lebih banyak buah
Ilustrasi bolehkah penderita diabetes tipe 2 makan buah lebih banyak (Freepik)

Porsi buah yang dikonsumsi penderita diabetes tipe 2, tergantung jenis buahnya, usia, jenis kelamin, dan seberapa intensitas olahraga yang dilakukan. Bagi orang yang melakukan olahraga sedang kurang dari 30 menit per hari, merekomendasikan porsi konsumsi buah sebagai berikut:

  • Anak-anak usia 2-3 tahun: 1 cup
  • Anak-anak usia 4-8 tahun: 1-1,5 cup
  • Anak-anak usia 9-13 tahun: 1,5 cups
  • Anak perempuan usia 14-18 tahun: 1,5 cups
  • Anak laki-laki usia 14-18 tahun: 2 cups
  • Wanita usia 19-30 tahun: 2 cups
  • Wanita usia di atas 30 tahun: 1,5 cups
  • Pria di atas 19 tahun: 2 cups

Jenis buah dalam 1 cup, diantaranya apel ukuran kecil, buah anggur, buah jeruk berukuran besar, stroberi besar, dan satu cup jus buah murni. Buah yang diawetkan, baik buah kering maupun buah beku, hanya disarankan dikonsumsi setengah porsi dari jumlah buah segar. Bagi orang yang olahraganya lebih dari 30 menit per hari, mungkin bisa makan lebih banyak buah.

Itulah penjelasan tentang boleh atau tidaknya penderita diabetes tipe 2 mengonsumsi lebih banyak buah. Penting pula mengkonsultasikan apa saja yang boleh dan tidak boleh dimakan pada dokter pribadi atau ahli nutrisi. Ketahui pula bahwa seharusnya jika mematuhi anjuran, makan buah rendah gula dan porsi terbatas, tidak meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes.