Buah Nanas Aman untuk Penderita Diabetes, Benarkah? Ketahui 5 Faktanya
Ilustrasi nanas aman untuk diabetes (Pexels/Shvets Production)

Bagikan:

JAKARTA – Bagi penderita diabetes, menghitung porsi makan penting dilakukan untuk menghindari glukosa dalam darah merangkak naik tak terkontrol. Dalam satu porsi makan, jumlah karbohidrat, lemak, dan protein perlu diperhitungkan. Lantas bagaimana dengan konsumsi buah yang mendampingi makan Anda?

Jika Anda dengan diabetes, mungkin akan khawatir jika mengonsumsi buah, nanas salah satunya. Sebab nanas juga mengandung gula. Tetapi apakah buah nanas masuk dalam daftar makanan pantang untuk penderita diabetes? Berikut fakta-fakta mengenai buah tropis jika dikonsumsi penderita diabetes.

1. Fakta nutrisi nanas

Dilansir The Healthy, Selasa, 8 Februari, dalam 1 porsi potongan nanas atau sekitar 165 gram mengandung kalori sebanyak 74, protein 1 gram, natrium 2 mg, karbohodrat 19,5 gram, serat 2 gram, zat besi 0,412 mg, vitamin C 28 mg, dan kalium 206 mg. Karbohidrat dalam nanas, lebih rendah dibanding pisang tetapi lebih tinggi daripada stroberi, apel, dan anggur.

nanas aman untuk diabetes
Ilustrasi nanas aman untuk diabetes (Pexels/Karolina Grabowska)

 

2. Fakta kebutuhan konsumsi buah bagi penderita diabetes

Sebuah studi yang dipublikasikan pada Juni 2021 di The Journal of Clinical Endrocricology & Metabolism menemukan bahwa peserta yang makan 1,5 porsi buah per hari memiliki risiko 36 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2 daripada rekan-rekan mereka yang mengonsumsi kurang dari setengah porsi. Bagi penderita diabetes tipe 1, karena termasuk penyakit autoimun, risikonya tidak terkait dengan apa yang dikonsumsi.

Studi tersebut menunjukkan bahwa lebih banyak konsumsi buah segar dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2. Tetapi perlu dipahami bahwa tidak semua buah memengaruhi tingkat gula dalam darah. Tidak dengan cara yang sama pula seseorang dengan diabetes dipengaruhi konsumsi buah.

3. Pedoman yang dipaparkan ahli

Dampak karbohidrat pada tubuh akan bercariasi dari orang ke orang berdasarkan berbagai faktor. Itu sebabnya, satu pedomana tidak bisa dipakai untuk semua penderita diabetes. Menurut Jill Weisenberger, ahli gizi dan diet terdaftar, jumlah karbohidrat yang sesuai untuk seseorang dengan diabetes tergantung beberapa faktor, termasuk target kadar gula darah, obat-obatan, dan aktivitas fisik.

4. Penderita diabetes perlu kebiasaan makan yang sehat

Kebiasaan makan yang sehat, bisa membantu mencapai tujuan. Kebanyakan orang, kata Weisenberger, melakukan kebiasaan dengan baik. Rata-rata mereka konsumsi sekitar 45 gram karbohidrat per makanan dan nol hingga 20 gram per camilan dengan aktivitas menengah.

Penderita diabetes mungkin ragu untuk menambahkan buah dalam rencana makan mereka. Karena buah adalah sumber karbohidrat dan mayoritas mengandung gula alami.

5. Nanas aman untuk diabetes

Nanas mentah dan segar mengandung serat, ini bermanfaat untuk memperlambat konversi karbohidrat makanan menjadi gula dalam aliran darah. Menurut Lauren Harris-Pincus, ahli gizi diet dan penulis The Protein Packed Breakfast Club, jus memiliki serat yang hidilangkan. Jadi ia menyarankan untuk membatasi konsumsi jus.

Harris-Pincus juga menyarankan untuk menggunakan sedikit bumbu, termasuk bumbu marinasi atau saus salad. Berhati-hatilah dengan nanas kalengan, karena sering mengandung gula tambahan. Disarankan untuk mengonsumsi buah segar potong tanpa dilumatkan.

Nanas aman untuk diabetes, karena kaya nutrisi. Termasuk juga mengandung bromelain, enzim yang ditemukan dalam buah dan batang nanas. Enzim tersebut terbukti meningkatkan kesehatan jantung dan menunjukkan sifat antikanker serta antidiabetes, menurut Harris-Pincus.