6 <i>Snack</i> Lebaran yang Aman untuk Penderita Diabetes
Ilustrasi snack untuk penderita diabetes (Unsplash/No revisions)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kadar gula darah merupakan kunci bagi penderita diabetes. Berbagai faktor yang membuat glukosa dalam darah meningkat. Saat momen lebaran, Anda perlu cermat dalam menikmati hidangan meja. Oleh karena itu, ketahui snack lebaran yang aman untuk penderita diabetes berikut ini.

1. Buah segar

Mengutip dari laman Siloam Hospitals, snack yang aman bagi penderita diabetes utamanya kaya serat, protein, dan lemak sehat karena ketiga komponen ini membatu kadar gula darah lebih terkontrol. Pertama, yang sehat adalah buah segar yang mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan. Seperti jeruk, kiwi, apel, pir, buah beri, dan alpukat.

2. Kacang-kacangan

Selain tinggi mengandung protein dan serat, camilan ini aman untuk penderita diabetes. Snack dari keluarga kacang-kacangan antara lain almond, edamame, dan kacang kedelai.

3. Cokelat hitam

Cokelat dengan kandungan 70 persen kakao aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Snack dari kakao ini mengandung polifenol yang membantu memperbaiki sensitivitas insulin sehingga kadar gula darah tetap terkontrol. Namun, pastikan komposisi cokelat agar bisa dikonsumsi sesuai porsi aman.

4. Popcorn

Popcorn terbuat dari jagung yang kaya akan serat, tetapi banyak sekali varian rasanya. Nah, bagi penderita diabetes perlu memilih rasa yang tidak ditambah gula. Snack ini menyediakan 70 persen asupan harian kalori yang direkomendasikan. Meskipun rasanya hambar, Anda tetap bisa menikmatinya dengan taburan bubuk bawang, mentega, atau sedikit garam.

5. Biji-bijian

Selain kacang-kacangan, biji bunga matahari dan biji labu aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Camilan ini mengandung tinggi mineral dan vitamin sehat untuk tubuh. Tetapi perlu diperhatikan porsi agar tetap terkontrol.

6. Biskuit gandum

Biskuit yang dibuat dari gandum utuh bisa dinikmati oleh penderita diabetes. Gandum mengandung karbohidrat kompleks yang baik bagi pencernaan. Sebaiknya, biskuit atau kue ini maksimal dikonsumsi dua dalam sehari.

Di atas merupakan camilan yang bisa Anda konsumsi agar gula darah tetap terkontrol.