6 Camilan Manis yang Sehat, Aman Juga untuk Penderita Diabetes
Ilustrasi camilan manis yang aman untuk penderita diabetes (Freepik/pixel.shot.com)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Banyak pilihan makanan yang dihidangkan, terutama saat hari besar seperti lebaran. Makanan manis, tentu menggoda untuk dicoba. Tetapi bagi penderita diabetes dan Anda yang ingin menjaga kadar gula darah tetap normal, penting untuk selektif dalam memilih makanan yang dikonsumsi. Berikut camilan manis yang aman untuk penderita diabetes dan menyehatkan.

1. Apel

Buah ini diklaim sebagai makanan superfood, ini karena mengandung banyak nutrisi yang menyehatkan. Apel mengandung 28 gram karbohidrat dan 5 gram serat.

Buah yang banyak sekali variannya ini memiliki indeks glikemik rendah. Ini tentu jadi patokan bagi Anda yang mengalami diabetes. Dilansir Healthline, Selasa, 17 April, makan apel sebelum makan nasi membantu menurunkan kadar gula darah dibandingkan hanya makan nasi saja. Anda bisa berkreasi tetapi aman untuk kesehatan, bisa menambahkan taburan bubuk kayu manis diatas apel segar. Atau menambahkan selai kacang rendah gula atau tanpa gula untuk dapatkan cita rasa bervariasi.

camilan manis yang aman untuk penderita diabetes
Ilustrasi camilan manis yang aman untuk penderita diabetes (Freepik/Azerbaijan_stockers)

2. Anggur

Camilan buah cenderung lebih sehat alih-alih diolah dari pati atau karbohidrat sederhana. Anggur, merupakan camilan manis kedua yang aman untuk penderita diabetes. Tingginya serat dan kandungan polifenol dapat membantu  mengurangi dari komplikasi kesehatan terkait diabetes.

3. Pir

Pir adalah sumber serat yang bagus. Penting diketahui, serat memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah. Dengan begitu, kadar gula darah setelah makan tetap stabil. Mengonsumsi buah pir segar juga strategi untuk mengontrol gula darah bagi penderita diabetes.

4. Greek yoghurt

Greek yoghurt merupakan pilihan camilan atau dessert yang aman untuk penderita diabetes. Dalam yoghurt jenis ini, tinggi mengandung protein dan diperkaya vitamin D. Karena yoghurt tergolong probiotik, artinya baik untuk sistem pencernaan. Paling direkomendasikan, pilih Greek yoghurt polos dan bisa mempermanisnya dengan buah-buah segar yang dipotong.

5. Keju cottage

Keju cottage menyediakan banyak protein dan serat. Keju ini merupakan jenis produk susu yang rendah lemak dan berpotensi meningkatkan resistensi insulin serta menurunkan berat badan atau lemak perut.

6. Es krim pisang

Es krim pisang mudah dibuat dan hanya membutuhkan satu bahan sederhana, yaitu pisang. Pisang merupakan sumber serat yang baik dan memiliki indeks glikemik rendah. Maka dari itu, pisang bisa diolah menjadi makanan sehat untuk diabetes. Kalau untuk diolah menjadi es krim pisang, cukup melumatkan buah pisang dan menyimpannya dalam freezer hingga menjadi es krim yang lembut.

camilan manis yang aman untuk penderita diabetes
Ilustrasi camilan manis yang aman untuk penderita diabetes (Freepik)

Selain keenam camilan manis yang sehat di atas, Anda boleh mengonsumsi cokelat hitam. Tetapi penting untuk memeriksa daftar komposisi produk. Kalau kadar gula, kalori, dan karbohidrat rendah, Anda bisa mengonsumsinya dalam jumlah terbatas.