Manfaat dan Efek Samping Daun Insulin, Obat Alami untuk Penderita Diabetes
Ilustrasi daun insulin (Hans/Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Salah satu obat alami atau obat herbal untuk diabetes yang populer adalah tanaman insulin (Cogtus igneus). Konsumsi daun insulin dapat membantu menurunkan kadar gula di dalam darah untuk sebagian penderita diabetes. Kendati demikian, konsumsi daun ini bisa menimbulkan sejumlah efek samping. Salah satu efek samping daun insulin yang paling umum adalah masalah perut.

Lantas, amankah konsumsi daun insulin untuk menurunkan kadar glukosa darah? Artikel berikut ini akan memberikan lebih banyak informasi tentang daun insulin sebagai opsi untuk manajemen diabetes termasuk informasi tentang kemungkinan efek samping dan bagaimana pengaruhnya terhadap kadar glukosa.  

Manfaat Daun Insulin

Dikutip VOI dari Healthline, Minggu, 12 Februari 2023, tanaman insulin berasal dari Brasil Timur. Cogtus igneus merupakan tanaman yang dapat menyebar secara agresif dan tingginya bisa mencapai 2 kaki (sekitar 0,6 meter).

Tanaman ini kerap dikonsumsi sebagai obat herbal dengan cara:

  • Dikunyah daunnya
  • Direbus atau dimasak bersama dengan teh
  • Diekstrak dan diformulasikan ke dalam bentuk sediaan kapsul.

Di India Selatan dan bagian lain di seluruh dunia, penderita diabetes menggunakan daun tanaman sebagai suplemen makanan.

Selain itu, Cogtus igneus adalah antioksidan yang dapat digunakan untuk membantu sistem kekebalan tubuh bertahan melawan infeksi bakteri. Ini juga diuretik.

Tanaman insulin aman digunakan sebagai suplemen selain obat yang diresepkan untuk diabetes.

Menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 2016, konsumsi daun insulin membantu mencegah lonjakan gula darah postprandial pada penderita diabetes.

Studi ini menunjukkan bahwa konsumsi daun tanaman insulin efektif bagi kebanyakan orang dalam menurunkan kadar gula darah bila digunakan bersamaan dengan modalitas pengobatan diabetes, seperti terapi insulin atau dengan obat diabetes lainnya.

Kendati demikian, masih diperlukan penelitian lebih dalam untuk mengetahui tingkat keamanannya.

Studi lain menemukan bahwa penderita diabetes dapat menekan kebutuhan insulin mereka hingga setengahnya setelah mengonsumsi daun insulin selama 15 hari.

Selain itu, bagi penderita diabetes yang tidak menggunakan insulin tetapi menggunakan beberapa obat diabetes lain untuk mengatasi kadar gula darah yang tidak terkelola dengan baik, kadar gula darahnya membaik setelah 15 hari mengonsumsi daun tanaman insulin.

Efek Samping Daun Insulin

Konsumsi daun insulin memang dapat menurunkan kadar gula dalam darah bagi para penderita diabetes. Akan tetapi, ada sejumlah efek samping yang ditimbulkannya.

Berikut beberapa efek samping yang mungkin muncul setelah penderita diabetes mengonsumsi daun insulin:

  • Sakit perut
  • Diare
  • Pusing
  • Kadar gula darah rendah, terutama jika Anda menggunakan insulin
  • Peningkatan risiko koma terkait diabetes (dari hipoglikemia)

Selalu periksa dengan dokter Anda sebelum memulai suplemen herbal apa pun, termasuk daun insulin untuk mengelola kadar gula darah, terutama jika Anda bergantung pada insulin.

Selain itu, mengonsumsi daun insulin dapat berinteraksi dengan obat lain yang Anda minum. Oleh sebab itu, pastikan untuk bertanya kepada dokter Anda apakah ada kontraindikasi (alasan mengapa Anda tidak boleh mengonsumsi daun insulin) jika Anda ingin mulai mengonsumsi suplemen ini.

Efek samping jangka panjang dari tanaman ini sebagian besar tidak diketahui. Diperlukan lebih banyak penelitian.

Demikian informasi tentang efek samping daun insulin, obat alami untuk penderita diabetes. Semoga bermanfaat!