Efek Suntik Insulin yang Perlu Diwaspadai Penderita Diabetes
Ilustrasi suntik insulin (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Suntik insulin merupakan salah satu treatment yang kerap dilakukan para penderita diabetes. Suntik insulin bermanfaat untuk membantu mengontrol kadar gula darah. Meski dapat membantu mengatasi penumpukan gula darah, namun ada efek suntik insulin yang perlu diwaspadai penderita diabetes. 

Suntik insulin merupakan obat yang berperan menjaga kadar gula darah agar tetap stabil. Insulin adalah hormon yang diproduksi oleh kelenjar pankreas untuk membantu mengendalikan kadar gula di dalam darah. Hormon insulin akan bekerja mengubah glukosa menjadi energi dalam tubuh.  

Apabila insulin tidak bekerja dengan optimal, maka akan terjadi penumpukkan gula darah. Penderita diabetes memiliki masalah pada produksi insulin yang tidak mencukupi. Untuk mengatasinya, banyak pengidap diabetes yang memilih melakukan suntik insulin. Di balik itu, ada efek suntik insulin yang bisa dialami. 

Efek Samping Suntik Insulin

Suntik insulin yang dilakukan dengan dosis dan penanganan yang tidak tepat dapat menimbulkan sejumlah efek samping yang berbahaya bagi kesehatan. Berikut ini beberapa efek suntik insulin yang perlu diwaspadai oleh penderita diabetes. 

Alergi

Salah satu efek suntik insulin yang bisa menimpa adalah alergi. Suntik insulin dapat menimbulkan alergi kulit yang ditandai adanya rasa gatal dan kemerahan. Ada pula kasus alergi yang disertai dengan rasa nyeri. Efek tersebut bisa terjadi karena jarum suntik kurang tajam sehingga membuat kulit terluka. 

Lipodistrofi

Efek lain yang bisa ditimbulkan dari suntik insulin adalah terjadinya lipodistrofi. Lipodistrofi adalah efek samping pada area kulit yang diinjeksi. Kondisi ini rentan terjadi karena injeksi dilakukan di area kulit yang sama secara berulang kali. Dampaknya adalah tampilan kulit jadi berubah karena adanya lemak yang hilang di lapisan kulit. 

Hipoglikemia

Efek samping suntik insulin yang umumnya dialami banyak orang adalah hipoglikemia. Hipoglikemia adalah efek samping yang cukup serius. Hipoglikemia adalah kondisi ketika kadar gula darah terlalu rendah atau di bawah 70 mg/dl. Suntik insulin juga berpotensi menyebabkan penurunan gula darah secara drastis. 

Resistensi Insulin

Resistensi insulin merupakan kondisi ketika pankreas memproduksi hormon insulin, tapi tidak sel tubuh tidak mengolah hormon tersebut sebagaimana fungsinya. Kondisi tersebut bisa mengakibatkan sel-sel tubuh tidak dapat menyerap gula secara normal sehingga akan terjadi penumpukan gula darah. 

Demikianlah ulasan mengenai efek suntik insulin yang tidak boleh diabaikan oleh penderita diabetes. Meski suntik insulin dapat membantu mengendalikan kadar gula darah, namun ada sejumlah efek samping yang perlu diwaspadai.  

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.