Jangan Panik, Begini Tips Mudah Mengatasi Permasalahan Rambut Rontok
Ilustrasi (Moose Photos/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Rambut rontok merupakan masalah yang seringkali muncul dan sulit diatasi. Masalah ini seringkali menjadi masalah yang paling sering dialami oleh perempuan maupun laki-laki. Jika dibiarkan tanpa perawatan pun lambat laun dapat menyebabkan kebotakan pada kulit kepala. Berikut beberapa tips untuk mengatasi rambut rontok yang dapat Anda coba dengan mudah.

Merawat kulit kepala dengan baik

Hindari perawatan rambut yang keras seperti alat pemanas, pewarna rambut, dan bleaching. Gaya rambut seperti kuncir kuda atau kepang yang terlalu ketat juga dapat memengaruhi kondisi rambut Anda. Jaga kesehatan kulit kepala dengan mencuci rambut dan kulit kepala secara teratur. Setiap peradangan pada kulit kepala akan mempengaruhi siklus pertumbuhan rambut.

Ikuti diet Mediterania

Makan buah-buahan, sayuran dan protein yang jadi bahan utama diet Mediterania, dapat membantu mengatasi masalah rambut rontok Anda. Ketika Anda melakukan diet ini, tidak hanya berat badan yang hilang tapi juga rambut rontok Anda bisa diatasi. Selain kesehatan fisik, kesehatan rambut juga bisa didapatkan.

Gunakan sisir rambut yang tepat

Mungkin menurut Anda menyisir rambut merupakan hal sepele yang sering dilakukan. Namun, ternyata jika Anda salah menggunakan sisir yang tepat dapat menyebabkan rambut menjadi rontok. Maka itu, gunakanlah sisir dengan gigi yang renggang, terlebih lagi jika Anda memiliki rambut panjang. Selain itu, hindarilah menyisir rambut saat dalam kondisi yang masih basah. Sebaiknya, sisirlah rambut Anda jika sudah kering dan gunakan sisir bergigi renggang.

Hindari produk berbahan kimia

Menggunakan terlalu banyak bahan kimia pada produk perawatan rambut dapat membuat rambut menjadi cepat rusak. Salah satunya seperti pewarna rambut atau bleaching rambut. Cobalah untuk gunakan produk perawatan rambut yang berbasis alami seperti minyak jojoba atau minyak almond. Karena minyak esensial ini dapat bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut, hingga menambah kekuatannya.

Konsumsi vitamin

Dokter Anda dapat melakukan berbagai tes untuk melihat apakah kondisi rambut rontok Anda dipengaruhi dengan kekurangan vitamin dalam tubuh. Vitamin dan mineral tertentu seperti vitamin A, B, C, D, E, seng dan zat besi dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut Anda. Anda bisa konsumsi biotin forte dengan seng, suplemen yang membantu menjaga kesehatan rambut, kulit dan jaringan otot.