Cara Waxing Ketiak untuk Pemula di Rumah Agar Tak Iritasi dan Perih Namun Hasilnya Bersih
Ilustrasi ketiak (Unsplash/Autri Taheri)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Bagi Anda yang ingin membersihkan bulu di ketiak dengan lilin, alangkah baiknya tahu bagaimana langkah yang tepat agar hasilnya bersih dan tak timbul iritasi. Anda harus tahu cara waxing ketiak yang benar agar kecantikan ketiak tetap terjaga.

Cara Waxing Ketiak

Waxing adalah salah satu metode untuk membersihkan bulu dengan memanfaatkan lilin khusus (wax). Metode ini cukup ampuh karena mampu mencabut akar rambut di bagian tertentu seperti ketiak, lengan, kaki, dan kemaluan.

Waxing sebenarnya bisa dilakukan sendiri di rumah. Namun Anda harus berhati-hati untuk mengurangi risiko iritasi atau luka pada kulit. Untuk menghindarinya, berikut tips dan langkah yang bisa Anda lakukan.

  1. Jangan Paksakan Ketiak yang Luka

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa ketiak Anda tidak terluka atau dalam proses penyembuhan karena luka. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko luka lebih parah. Tunggu sampai kulit ketiak benar-benar sembuh dan tidak ada luka sama sekali.

  1. Hindari Penggunaan Deodoroan Sementara

Sebelum waxing hentikan sementara penggunaan deodoran, terutama yang mengandung bahan yang mampu memicu rasa perih seperti retinoid.

  1. Potong Bulu Ketiak dengan Gunting

Semakin panjang rambut atau bulu yang akan diwaxing, maka semakin perih juga rasanya. Oleh karena itu disarankan untuk mencukur bulu ketiak dengan gunting lebih dulu. Pencukuran harus dilakukan sependek mungkin. Anda bisa meminta bantuan pasangan atau orang terdekat Anda untuk memotongnya.

  1. Gunakan Sampo

Setelah bulu ketiak pendek, Anda bisa membersihkan ketiak dengan sampo. Langkah ini dilakukan agar bulu lebih halus dan mudah diatur. Sehingga saat terkena lilin bisa tercabut semua. Anda bisa membilas sampo di ketiak dengan air hangat.

  1. Bersihkan Daki

Daki harus dibersihkan lebih dulu agar ketiak benar-benar bersih sehingga tak ada rambut yang tertutup daki. Jika waxing bisa menempel ke rambut dengan benar, Anda tak perlu mengulangi proses waxing.

  1. Siapkan Waxing

Pada bagian ini usahakan waxing tidak terlalu keras karena akan berpengaruh pada daya rekat lilin. Jika daya rekat lilin tidak baik maka bulu yang tercabut juga tidak maksimal sehingga Anda harus mengulangi proses waxing.

  1. Oleskan Serata Mungkin

Proses ini akan menentukan seberapa baik hasil waxing yang Anda lakukan. Saat mengoleskan waxing usahakan ketiak dibuka selebar mungkin untuk meminimalisir lipatan sehingga bisa lebih rata. Selain itu lilin juga bisa menjangkau rambut di bagian ketiak yang tersembunyi.

  1. Perhatikan Pelepasan Kertas Waxing

Kertas waxing digunakan untuk mempermudah pencabutan lilin dari ketiak. Saat waxing dirasa sudah menempel dengan baik, Anda bisa melepaskan lilin dengan kertas waxing.

Cara melepas waxing dengan ketas adalah dengan memegang tepi kertas yang tak menempel pada lilin, lalu tarik kertas dengan cepat. Usahakan saat pencabutan tidak ragu-ragu agar tidak menimbulkan rasa sakit. Ulangi cara ini jika lilin belum hilang seluruhnya.

  1. Perawatan Pasca-Waxing

Setelah proses waxing selesai, biasanya kulit akan memerah. Kondisi ini banyak dialami oleh seseorang yang memiliki kulit sensitif. Kulit biasanya akan memerah. Untuk mengantisipasi iritasi, lakukan perawatan pasca-waxing yakni dengan mengoleskan minyak zaitun atau gel lidah buaya untuk mencegah kulit jadi panas, gatal, dan perih.

Selain itu jangan lupa oleskan krim atau serum yang membantu mencegah rambut tumbuh lagi. Produk ini banyak tersedia di toko kecantikan.

Itulah informasi terkait cara waxing ketiak. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya kunjungi VOI.ID.