Bagikan:

YOGYAKARTA – Menghapus riasan harus dilakukan secara benar. Sebab pembersihan makeup secara menyeluruh mendukung kesehatan dan kecantikan kulit. Termasuk mendukung regenerasi kulit dan mencegah pori-pori tersumbat sehingga menyebabkan jerawat. Perlu diketahui, membersihkan makeup salah bisa menyebabkan penyumbatan pori-pori, kerusakan permukaan kulit, penuaan dini, dan kulit kering. Untuk itu, hindari kesalahan menghapus makeup yang bisa merusak kulit wajah berikut ini.

1. Menggunakan produk pembersih kulit wajah yang terlalu keras

Setiap produk pembersih dengan berbagai bentuk, memiliki formulasi yang berbeda-beda. Oleh karena itu harus disesuaikan komposisinya dengan kondisi kulit Anda. Jangan sampai memilih formula pembersih kulit wajah yang terlalu keras, seperti yang mengandung alkohol dan pembersih yang mengeksfoliasi.

Bagi pemilik kulit wajah sensitif, pakai micellar water untuk makeup tipis. Kalau memakai makeup tebal, sebelum memakai air micellar hapus riasan wajah menggunakan cleanser berbahan dasar minyak lebih baik.

Nah untuk makeup mata, seperti maskara dan eyeliner serta eyeshadow, bisa dibersihkan dengan kapas bertekstur lembut yang dibasahi micellar water. Tempelkan kapas basah selama 15-20 detik, kemudian usap lembut. Cara ini juga bisa dilakukan untuk menghapus lipstik.

kesalahan menghapus makeup yang merusak kulit wajah
Ilustrasi kesalahan menghapus makeup yang merusak kulit wajah (Freepik)

2. Menggosok kulit

Meski lelah, tetaplah memperlakukan kulit wajah dengan lembut. Terutama saat membersihkannya pada penghujung hari. Melansir Byrdie, Rabu, 18 September, menggosok kulit dengan kasar, terutama sekitar mata, dapat menyebabkan iritasi dan kerutan dini. Artinya, pakai kapas pembersih bertekstur lembut dan usapkan secara lembut pada kulit.

3. Tidak menghapus riasan secara menyeluruh

Penting sekali membersihkan makeup secara menyeluruh. Khususnya pada bagian-bagian yang kerap terlewat. Seperti garis rambut, kelopak mata, dan sekitar garis rahang. Perlu diketahui, area tersebut rentan tersumbat pori-porinya sehingga memicu munculnya jerawat.

4. Tak membersihkan ganda

Supaya kulit wajah bersih secara menyeluruh, perlu pembersihan ganda. Selain memakai losion pembersih, tutup pembersihan dengan penyegar. Sebelumnya, lakukan pembersihan ganda dengan air micellar. Apalagi kalau memakai riasan tebal dan waterproof.

5. Menggunakan alat yang kotor dan kasar

Kain lap atau spons penghapus riasan dapat terlalu abrasif pada kulit kalau diaplikasikan secara berlebihan. Oleh karena itu, aplikasikan secara lembut. Selain itu, tangan kotor, bantalan kapas yang kotor, handuk dan kain lap atau spons yang tidak higienis bisa transfer bakteri. Alih-alih membersihkan, justru memasukkan bakteri pada kulit yang menyebabkan peradangan dan merusak.

Karena kesalahan menghapus riasan bisa merusak kulit, catatan di atas wajib dihindari. Jika tidak bisa dihindari, cobalah menghapus riasan dengan air misel, bersihkan dengan pembersih yang lembut dan sederhana, dan oleskan pelembap tebal sebelum tidur.