Ketika Membersihkan Makeup, Hindari Lakukan 6 Hal Ini
Ilustrasi hindari lakukan ini ketika membersihkan makeup (Freepik/KamranAydinov)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Setelah selesai beraktivitas, membersihkan riasan atau makeup, penting dilakukan secara tepat. Menghapus makeup ini sebenarnya hal yang sederhana, tetapi banyak orang melakukan kesalahan. Tak sedikit pula, sisa makeup yang menempel pada kulit wajah tidak dibersihkan secara tuntas.

Membersihkan riasan penting karena memungkinkan pembaharuan kulit dan mencegah pori-pori tersumbat yang menyebabkan pembentukan jerawat atau komedo. Paling penting diperhatikan, saat membersihkan hindari pembersih yang mengandung asam atau alkohol. Menurut dokter kulit bersertifikat Teresa Song, MD. dilansir Byrdie, Senin, 19 Februari, pembersih yang mengandung asam dan alkohol bersifat abrasif pada skin barrier. Ini bisa mengakibatkan kekeringan kulit dan membahayakan kulit.

Terdapat dua komposisi pembersih, yaitu berbahan dasar minyak dan air. Keduanya cukup efektif menghilangkan makeup. Namun penting memakai salah satu di antaranya sesuai dengan kondisi kulit. Misalnya, bagi pemilik kulit sensitif, lebih baik memakai pembersih berbahan dasar air yang lembut dan tidak mengikis kulit. Selengkapnya, hindari lakukan hal ini saat membersihkan makeup.

1. Menggosok kulit secara agresif

Dokter kulit memperingatkan agar tidak menggosok atau menarik-narik kulit wajah saat menghapus riasan. Menggosok kulit secara kasar, terutama sekitar mata, dapat menyebabkan iritasi dan kerutan diri, jelas Margarita Lolis, MD., dokter kulit bersertifikat dan ahli bedah berbasis di New Jersey.

hindari lakukan ini ketika membersihkan makeup
Ilustrasi hindari lakukan ini ketika membersihkan makeup (Freepik/user18526052)

2. Menggunakan produk komposisi keras

Lolis menambahkan, produk yang terlalu keras tidak cocok untuk jenis kulit Anda. Misalnya, pembersih makeup berbahan alkhol. Bahan keras dapat menyebabkan iritasi, kekeringan, dan sensitivitas.

3. Tidak menghapus riasan secara tuntas

Sisa makeup, terutama di area yang sering diabaikan, harus dibersihkan secara tuntas. Area yang sering terlewat, antara lain garis rambut, kelopak mata, dan sektiar garis rahang. Area ini kalau tidak dibersihkan, bisa menyebabkan pori-pori tersumbat sehingga menimbulkan jerawat.

4. Melewatkan pembersihan ganda

Pembersihan makeup secara ganda, penting dilakukan. Apalagi kalau Anda memakai riasan tebal, perlu membersihkan ganda. Misalnya, memakai pemersihan dua kali, memakai krim pembersih ditambah penyegar atau cuci muka dengan sabun.

5. Menggunakan alat kotor atau kasar

Kain lap atau spons penghapus riasan, bisa terlalu agresif apabila digunakans ecara berlebihan. Sementara tangan kotor, kapas, handuk, waslap, dan spons, harus benar-benar bersih saat dipakai membersihkan makeup.

6. Mengabaikan mata dan bibir

Menghapus riasan mata dan bibir, kerap terlewat. Kalau residu menumpuk, bisa menyebabkan iritasi dan infeksi. Untuk itu, pastikan membersihkan dua area ini secara tuntas.

Itulah hal yang perlu dihindari saat membersihkan makeup menempel pada wajah. Penting diingat, membersihkan wajah penting dilakukan sebelum Anda istirahat. Ini memberi kesempatan kulit wajah untuk istirahat.