Mudik Pakai Mobil Pribadi Wajib Perhatikan Hal Ini
Kepadatan arus kendaraan mudik Lebaran/DOK FOTO: BKIP Kemenhub

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi kendaraan pribadi menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk mudik lebaran, dengan total 18,3 persen atau setara dengan 35,42 juta orang menggunakan mobil pribadi.

Bahkan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memprediksi ada lonjakan pemudik pada Idul Fitri atau Lebaran 2024. Kenaikan jumlah pemudik diperkirakan mencapai 6 persen dibanding tahun lalu.

Berkaca dari data di atas, penting untuk memperhatikan banyak hal agar perjalanan mudik menggunakan mobil pribadi tetap aman dan nyaman sampai tujuan.

"Sebelum mudik satu hal yang harus diperhatikan itu fisik dan mental," kata Aftersales dan Customer Service Director of GWM Indonesia Putra Samiadji beberapa waktu lalu.

Memang tak bisa dipungkiri perjalanan mudik akan menghabiskan waktu yang cukup panjang, dikarenakan jarak yang dituju juga tergolong jauh.

"Pastikan juga waktu mengemudi, jadi tidak perlu berlebihan dan pastikan tiga sampai empat jam itu berhenti sejenak untuk istirahat," tambahnya.

Selain fisik dan mental hingga waktu istirahat, pria yang akrab disapa Putra ini mengatakan bagi pemudik wajib memperhatikan barang bawaan, dan tekanan ban mobil.

barang yang dibawa," paparnya.

Terakhir, ia menyarankan untuk memperhatikan kapasitas bensin agar tidak habis dijalan saat melakukan mudik lebaran.

"Menjamin bahan bakar lebih ekonomis mengemudi jangan agresif," kata dia.