Tips Mudik dengan  Mobil Listrik, Terapkan Ini agar Perjalanan Lancar dan Nyaman
Ilustrasi mudik dengan mobil listrik (foto: dok. Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Mudik menggunakan mobil listrik tentu menjadi pengalaman baru yang berbeda. Pulang kampung menggunakan mobil listrik harus memiliki persiapan yang matang karena penggunaan bahan bakarnya berbeda dari mobil BBM. Ada sejumlah tips mudik menggunakan mobil listrik yang perlu Anda terapkan. 

Seiring berjalannya tahun, semakin banyak peminat mobil listrik di Indonesia. Namun dalam penggunaannya, masih banyak orang yang ragu mengendarai mobil listrik untuk perjalanan jauh. Mereka khawatir dengan kendala yang bisa dihadapi saat perjalanan, seperti kesulitan menemukan stasiun kendaraan listrik dan komponen mobil mengalami kerusakan. 

Pada lebaran 2023, banyak pemudik yang ingin pulang kampung naik mobil listrik. Mudik menggunakan mobil listrik bisa berjalan lancar apabila Anda mempersiapkannya dengan baik. Saat ini pun PLN telah membangun infrastruktur stasiun kendaraan listrik umum (SPKLU) untuk mendukung perjalanan mudik

Tips Mudik dengan Mobil Listrik

Perjalan mudik bukanlah perjalanan yang sederhana karena harus menempuh jarak ratusan kilometer untuk sampai tujuan. Itulah mengapa rencana mudik harus dipersiapkan sebaik mungkin. Apalagi jika Anda ingin mudik menggunakan mobil listrik. 

Mudik memakai mobil listrik memang belum menjadi hal yang biasa. Terapkan tips mudik dengan mobil listrik agar perjalanan Anda ke kampung halaman berjalan lancar dan mulus.

Cek Kondisi Mobil

Hal pertama yang wajib dilakukan sebelum mudik adalah mengecek kondisi mobil. Mobil listrik memiliki komponen yang berbeda dari mobil biasa. Pemilik mobil listrik perlu mengecek komponen-komponen tersebut apakah masih normal atau sudah rusak. Sebab perjalanan mudik harus dilakukan dengan kondisinya prima. 

Apabila ada kerusakan, maka segera servis mobil Anda terlebih dahulu sebelum mudik. Pastikan semua komponen berfungsi dengan baik, mulai dari rem, ban, baterai, dan sebagainya. Anda juga perlu memperhatikan perawatan mobil listrik berbeda dengan mobil konvensional. 

Perencanaan Rute dan Pengisian Daya

Sebelum mudik pastikan Anda sudah merencanakan rute perjalanan Anda. Anda harus menentukan jalan mana yang akan Anda lewati untuk pulang ke kampung halaman. Saat menggunakan mobil listrik, Anda juga perlu merencanakan pengisian daya. Jadi cari tahu terlebih dahulu rute mana saja yang terdapat stasiun pengisian daya atau SPKLU. 

Menghemat Daya Baterai

Hal penting lainnya yang juga perlu diperhatikan saat mudik menggunakan mobil listrik adalah hemat daya. Pengendara mobil listrik harus bisa menghemat daya saat melakukan perjalanan jarak jauh. Gunakan fitur penghemat energi saat mengemudi, yang memungkinkan mobil menghasilkan energi saat pengereman dan menghemat daya baterai. 

Anda juga bisa mengurangi kecepatan laju mobil agar daya baterai dapat bertahan lebih lama. Matikan fitur yang tidak diperlukan seperti AC atau pemanas apabila tidak dibutuhkan. Pastikan juga daya baterai mobil Anda cukup untuk melewati stasiun berikutnya. 

Pertimbangkan Suhu 

Pemilik mobil listrik juga harus selalu memperhatikan suhu lingkungan. Suhu udara yang ekstrem akan mempengaruhi kinerja baterai mobil listrik. Pastikan Anda menghindari tempat yang memiliki suhu terlalu panas atau terlalu dingin. Ingat, jangan membiarkan mobil listrik terkena sinar matahari langsung dalam waktu lama. Cek kembali untuk memastikan pendingin mobil berfungsi dengan baik. 

Mengisi Daya Mobil Listrik dengan Aman

Pengisian daya mobil listrik harus dilakukan dengan aman dan benar. Pengendara perlu mengikuti petunjuk yang terdapat di stasiun pengisian daya atau SPKLU. Pastikan kabel pengisian daya dapat berfungsi baik.

Membawa Peralatan Cadangan

Peralatan cadangan dibutuhkan untuk mengantisipasi berbagai kendala saat perjalan mudik. Pemilik mobil perlu membawa peralatan cadangan, seperti kabel pengisian, stasiun pengisian listrik portabel, dan baterai tambahan. 

Perhatikan Batasan Kecepatan

Hal lain yang wajib Anda perhatikan saat mudik menggunakan mobil listrik adalah batas kecepatan. Anda perlu selalu memperhatikan batasan kecepatan saat mengemudi. Jangan overcharge atau terlalu sering mengisi ulang daya baterai mobil listrik karena dapat memperpendek umur baterai. 

Demikianlah tips mudik dengan mobil listrik yang perlu Anda terapkan agar perjalanan Anda bisa lancar. Jangan lupa untuk menyimpan nomor darurat atau kontak layanan bantuan untuk mengantisipasi gangguan atau kendala saat perjalanan ke kampung halaman. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.