Bagikan:

JAKARTA - Setelah melakukan perjalanan mudik, perlu dilakukan pengamatan kendaraan Anda. Apalagi, memasuki penghujung akhir dari arus mudik, masyarakat akan kembali melakukan aktivitas normal seperti sediakala.

Meskipun demikian, masyarakat perlu memeriksa kembali mobil agar tidak mengalami kerusakan selepas digunakan perjalanan mudik

Dilansir dari laman resmi Auto2000, terdapat beberapa komponen yang harus kembali diperiksa demi menjaga kondisi kendaraan setelah menjalani perjalanan mudik.

1. Ban

Periksa kondisi ban mobil setelah perjalanan panjang mudik. Terlebih lagi, selama perjalanan ban dituntut untuk melaju di berbagai kondisi aspal yang tentunya ban bekerja lebih ekstra dari biasanya.

Periksalah pada bagian telapak ban, lakukan pembersihan dengan menyingkirkan kerikil pada ban, serta perhatikan tingkat keausan ban. Jika kondisi ban tidak layak pakai, disegerakan untuk mengganti ban.

2. Bagian kaki-kaki

Bersihkan bagian kolong mobil dari kotoran serta periksa komponen seperti shock absorber, karet penyangga, serta selang rem. Lalu, periksalah selang rem, kampas rem dan dinding tromol pada rem.

Pastikan juga periksa volume minyak rem apakah berkurang, terdapat perubahan warna, dan pastikan tidak adanya endapan lumpur pada tabung penyimpanan.

3. Oli

Pastikan juga oli mesin dalam keadaan baik dengan tidak adanya perubahan warna yang menandakan adanya masalah seperti warna coklat susu yang menunjukkan bahwa pelumas telah tercampur air.

4. Air Radiator

Periksalah apakah ada kebocoran pada selang dan rumah radiator. Periksa juga air radiator dalam keadaan penuh.

Tak ketinggalan, periksa juga komponen cairan pada kendaraan seperti minyak kopling, air aki, air pembersih kaca, oli transmisi dan minyak power steering.

5. Interior

Bagian panel instrumen juga tidak kalah pentingnya. Bila terdapat suara aneh saat memutar kunci kontak di ON, maka sebaiknya kendaraan dibawa ke bengkel.

Demi kenyamanan saat berkendara terjaga, jangan lupa untuk membersihkan bagian karpet pada kabin dan seluruh areanya, seperti rongga dan kolong kabin dengan memastikan tidak ada yang kotoran yang tertinggal.