Hyundai IONIQ 5 akan Mengaspal di Jalanan India Bulan Ini
Hyundai IONIQ 5 (sumber : Hyundai)

Bagikan:

JAKARTA - SUV listrik andalan produksi Hyundai, IONIQ 5 akan mulai mengaspal jalanan India mulai April ini. Sebelumnya, IONIQ 5 telah diperkenalkan pada pergelaran Auto Expo 2023 di India.

Dilansir dari Hindustan Times, Selasa, 25 April 2023, kelompok pertama IONIQ 5 akan dikirimkan kepada pelanggan untuk seluruh India.

Meskipun begitu, Hyundai mengungkapkan akan menjual IONIQ 5 dalam jumlah terbatas pada pasar India, yaitu 500 unit untuk tahun ini.

Mobil yang menjadi pesaing model dari sesama induk perusahaan, Kia EV6 tersebut akan dijual seharga 44,95 lakh Rupee atau kisaran Rp820 jutaan. Sebagai pembanding, IONIQ 5 dijual seharga Rp748 juta untuk pasar Indonesia.

Seperti yang diketahui, IONIQ 5 memiliki ukuran yang luas, yakni panjang 4.635 mm, lebar 1.890 mm, tinggi 1.625 mm, dan wheelbase 3.000 mm.

Selain ukurannya yang lega, IONIQ 5 mengusung tema modern serta futuristik, namun simpel. SUV ini dilengkapi lampu depan dan belakang LED pixel parametrik, kap mesin clamshell, gagang pintu otomatis, dan pelek alloy.

Hyundai juga menawarkan beberapa fitur menarik di dalamnya, ada fitur hiburan seperti sistem infotainment Android Auto dan Apple CarPlay yang disematkan pada layar ganda 12,3 inci yang meliputi juga klaster instrumen.

IONIQ 5 juga disematkan teknologi BlueLink, sistem suara Bose, kursi ventilasi, kontrol iklim zona ganda, serta teknologi Vehicle to Load yang berfungsi sebagai pengisi daya ganda.

Selain itu, model kendaraan listrik kedua yang pernah diproduksi Hyundai tersebut juga dilengkapi fitur keselamatan seperti level 2 ADAS, enam airbag, ABS dengan EBD, Engine Parking Brake, dan sistem empat rem cakram.

Performa yang ditawarkan pada IONIQ 5 juga tergolong impresif. Ditanami satu motor listrik permanent magnet synchronous yang dapat mengeluarkan daya 211 dk dan torsi 350 Nm.

Sebagai pengisi energi, crossover bergaya lima pintu tersebut memakai paket baterai 72,6 kWh yang dapat memberikan jarak tempuh 631 km dalam sekali pengisian daya. Pabrikan mengatakan bahwa IONIQ 5 dapat mengisi daya 10-80 persen dalam waktu 18 menit, berkat pengisi daya DC 350 kW.

Untuk pasar India, IONIQ 5 akan dirakit pada pabrik di Chennai, India.