Sebelum Debut pada Juli Mendatang, Hyundai Adakan Pengujian Tahap Akhir Ioniq 5 N di sirkuit Nurburgring
Hyundai Ioniq 5 saat di Nurburgring, Jerman (sumber : Hyundai)

Bagikan:

JAKARTA - Menjelang debutnya di depan publik, Hyundai melakukan uji kemampuan kembali SUV listrik berperforma tinggi, Ioniq 5 N, yang berlangsung di sirkuit balap, Nurburgring, Jerman. Ini merupakan pengujian tahap akhir sebelum debutnya di bulan Juli.

Model ini merupakan versi peningkatan performa dari model Ioniq 5 dengan dikembangkan oleh divisi performa tinggi milik Hyundai, N. Dalam uji coba tersebut, pabrikan memastikan bahwa Ioniq 5 N dapat memenuhi tiga pilar divisi N, yakni Corner Rascal, Racetrack Capability, dan Everyday Sportscar.

Vice President and Head of N Brand Hyundai, Till Wartenberg, mengatakan dipilihnya Nurburgring sebagai tempat pengujian akhir karena trek ini dapat mengeluarkan seluruh kemampuan dari mobil. Jadi, pihaknya percaya bahwa Ioniq 5 N dapat mengeluarkan semua kemampuannya di trek Grand Prix tersebut.

"Ioniq 5 N baru saja menyelesaikan uji ketahanan 10.000 km di Nordschleife, yang merupakan tonggak penting yang membuktikan ketahanan tinggi dan kemampuan lintasan balap kendaraan ini. Namun, kami baru saja memulai pengujian 10.000 km kedua untuk mendorong batas Ioniq 5 N," kata Wartenberg dalam laman Hyundai, Jum'at, 23 Juni.

Untuk mencapai hasil yang diharapkan, Hyundai juga bekerjasama dengan pusat divisi penelitian dan pengembangan Hyundai di Namyang, Korea Selatan dan pusat pengembangan Hyundai Eropa di Russelsheim, Jerman.

Dalam pengujian ini, divisi N dapat memaksimalkan performa SUV EV tersebut agar memenuhi performa yang diinginkan baik untuk pabrikan maupun pelanggan. Artinya, pengembangan tersebut membutuhkan penerapan perangkat lunak tingkat lanjut.

Dalam pengujian tersebut, tentu penerapannya sangat berbeda dibandingkan model bermesin pembakaran (ICE) yang pernah dikembangkan oleh divisi N. Terlebih lagi ketika mobil listrik tersebut dijalankan secara maksimal, itu akan menghasilkan suhu panas pada bagian internal.

Untuk mencegah hal tersebut, Hyundai Ioniq 5 N diberi komponen pendinginan yang diperbesar dengan pengemasan radiator efisien khusus N, pendingin oli motor yang disempurnakan, dan peningkatan pendingin baterai.

Dalam hal ini, Hyundai tidak main-main dalam mengembangkan Ioniq 5 N. Sebelumnya, pabrikan asal Korea Selatan tersebut telah mengembangkan SUV tersebut dalam berbagai area, mulai dari jalanan beraspal hingga bersalju.

Hyundai tetap akan mempertahankan platform yang sama seperti versi standarnya, yakni E-GMP. Ioniq 5 N akan memiliki motor ganda yang dapat menghasilkan daya output sebesar 600 dk dengan torsi yang dapat memompa 764 Nm.

Ioniq 5 N akan memulai debutnya di Goodwood Festival of Speed yang berlangsung pada 13 Juli mendatang. Hyundai juga akan mengikutsertakan model yang dikembangkan oleh divisi N, salah satunya mobil konsep bertenaga hydrogen, N Vision 74.

Karena sudah dipastikan tanggal peluncurannya, kemungkinan Ioniq 5 N akan dijual pada awal 2024.