Nissan Uji Coba Ariya NISMO Bisa Saingi Hyundai Ioniq 5 N
Nissan Ariya NISMO sedang diuji coba di area Nurburgring, Jerman. (Dok. Carscoops)

Bagikan:

JAKARTA - Mobil listrik (EV) memiliki beberapa perbedaan signifikan dalam karakteristiknya dibandingkan dengan mobil bermesin konvensional (ICE). Meskipun tanpa suara yang menarik, pabrikan otomotif masih dapat menarik minat publik terhadap EV berkat performa yang luar biasa.

Contohnya adalah langkah Hyundai dengan merilis Ioniq 5 N, salah satu EV berperforma tinggi di pasar global. Selain itu, Tesla juga memiliki EV dengan performa menakjubkan, seperti Model S Plaid yang menjadi salah satu kendaraan ramah lingkungan tercepat di dunia. Hal ini mendorong perusahaan lain seperti Nissan untuk mempersiapkan model unggulan mereka guna bersaing di pasar.

Baru-baru ini, Nissan terlihat sedang mempersiapkan dan menguji coba Ariya varian NISMO di sekitar Sirkuit Nurburgring, Jerman. Foto-foto tersebut menunjukkan SUV tersebut sedang istirahat di pengisi daya Tesla di area tersebut.

6

Dikutip Carscoops, Senin, 6 November, terlihat bahwa mobil tersebut memiliki kesamaan dengan Ariya standar. Namun, jika diperhatikan lebih dekat, terdapat beberapa perbedaan signifikan. SUV ini tidak lagi mengenakan livery kamuflase, namun tampil dengan desain yang lebih sporty.

Varian terbaru ini memiliki bemper depan yang dirancang ulang dengan intake depan yang lebih lebar dan splitter besar di bagian bawahnya. Bagian sayap ditambahkan bibir di dasar jendela belakang serta diffuser dengan desain aerodinamis.

Meskipun belum ada informasi resmi dari pabrikan Jepang tersebut mengenai mobil ini, Ariya NISMO terlihat dilengkapi dengan ban Michelin Pilot Sport 20 inci, yang membantu mobil mendapatkan cengkraman maksimal saat melintasi tikungan.

Informasi mengenai tenaga dari motor listriknya masih belum tersedia. Sebagai gambaran, Ariya terkuat saat ini menghasilkan daya hingga 389 dk, dengan kemampuan berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 4,8 detik.

Untuk mencapai performa yang diharapkan, pabrikan dan divisi NISMO perlu mendorongnya mencapai 3,5 detik dari 0 ke 100 km/jam, sebagaimana yang dilakukan Hyundai Ioniq 5 N. Akselerasi mengagumkan tersebut dihasilkan dari motor listrik ganda yang mampu menghasilkan tenaga hingga 600 dk dan torsi 748 Nm. Fitur N Grin Boost membantu Hyundai Ioniq 5 N mencapai daya hingga 641 dk dan torsi 770 Nm.