Mazda Berniat Kembali Meramaikan Pasar Mobil Berperforma Tinggi
Mobil konsep Mazda3 Hatchback dan MX-5 Miata yang dikembangkan oleh Mazda Spirit Racing. (Dok. Mazda)

Bagikan:

JAKARTA - Toyota dengan Gazoo Racing (GR) telah memperkenalkan mobil berperforma tinggi sejak 2007 dan meluncurkan beberapa model, termasuk GR Yaris, GR Corolla, bahkan GR Supra. Hyundai juga tidak ketinggalan dengan divisi N-nya yang menyajikan Ioniq 5 N, Elantra N, i20 N, dan Kona N.

Mazda pun tampaknya ingin kembali ikut bersaing dalam segmen ini dengan memperkenalkan konsep high-performance dari Mazda3 Hatchback dan MX-5 Miata dalam gelaran Tokyo Auto Salon 2024 di bawah divisi Mazda Spirit Racing.

7

Mazda Spirit Racing berbasis di Hiroshima, Jepang, dikhususkan untuk menghadirkan mobil berperforma tinggi dan dianggap sebagai pengganti nama sebelumnya, Mazdaspeed, yang sudah lama tidak aktif.

Dikutip dari CarBuzz, Senin, 15 Januari, divisi ini telah terlibat dalam seri balap Super Taikyu sejak tahun 2021, memberikan mereka waktu untuk mengembangkan konsep dari kedua model ini. Perusahaan berencana untuk melanjutkan partisipasi dalam kegiatan motorsport di masa mendatang.

Mobil yang dikembangkan oleh divisi ini memiliki sentuhan sporty dengan aksen merah pada bagian bumper, rem, dan kaca spion, mirip dengan rivalnya seperti Nissan Nismo dan Hyundai N.

7

Pada model MX-5, roadster ini menampilkan aksen merah di interior untuk meningkatkan kesan agresif, serta penanda tengah di lingkar kemudi yang menjadi indikator untuk menstabilkan setir. Mobil ini dilengkapi dengan aero kit, sementara Mazda3 Hatchback mendapatkan tambahan sayap belakang.

Mazda MX-5 yang mengalami pengembangan ini kemungkinan akan tetap menggunakan mesin 2,0 liter seperti versi standarnya, namun akan mendapatkan penyetelan khusus pada suspensi dan pelek. Sementara untuk Mazda3, spesifikasinya masih belum diungkap.

Sayangnya, Mazda masih merahasiakan apakah kedua model tersebut akan diproduksi secara massal. Kemungkinan besar, kehadiran brand performa tinggi ini akan menjadi sorotan menarik dan memicu persaingan dengan Gazoo Racing dan Nismo.