Bagikan:

JAKARTA - Nissan kembali akan membuat gebrakan dengan segera meluncurkan model baru dari divisi performa tingginya, Nismo. Tidak hanya itu, mobil terbaru ini disebut sebagai Ariya versi paling bertenaga yang pernah dibuat.

Dilansir dari Carscoops, Rabu, 10 Januari, pabrikan asal Jepang ini akan meluncurkan model tersebut di Tokyo Auto Salon, berlangsung pada tanggal 12 Januari esok dan akan disiarkan pada kanal resmi ‘Nissan’ di Youtube.

Berdasarkan siluet yang ditampilkan oleh perusahaan, garis desainnya menyerupai Ariya dan menyerupai model prototipe yang telah diuji coba sebelumnya di sirkuit Nurburgring, Jerman. Diposisikan sebagai mobil yang lebih bertenaga, tentu tampilannya akan lebih sporty dan agresif dibandingkan dengan standarnya.

7

Laporan terakhir dari media Jepang, Mag X, Senin, 8 Januari, mengatakan bahwa model tersebut merupakan Ariya Nismo dengan slide presentasi resmi yang mengungkapkan peningkatan pada kendaraan ini.

Peningkatannya dimulai dari eksterior, bodykit khusus Nismo mencakup bumper depan yang didesain ulang dengan splitter yang menonjol, dipadukan dengan ekstensi serupa untuk kusen samping dan bumper belakang. Terdapat lip spoiler tambahan di pintu belakang, dan satu set pelek Enkei 20 inci baru yang dibalut oleh ban Michelin Pilot Sport.

Berdasarkan dokumen yang bocor, model ini akan ditawarkan dengan warna single-tone, terdiri dari Prism White, Dark Metal Grey, serta Midnight Black dan bi-tone, terdiri dari Prism White, Deep Ocean Blue, dan Stealth Grey, dilengkapi dengan Midnight Black pada bagian atap.

Sementara pada bagian dalamnya menampilkan satu set kursi bucket, roda kemudi yang lebih sporty, roofliner hitam, dan banyaknya aksen merah agresif.

Nissan juga memanfaatkan kemampuan dari divisi Nismo untuk membuat mobil ini jauh lebih lincah dengan pengaturan suspensi lebih kaku dengan peredam yang diatur ulang. Sistem pengereman dan kemudi diubah dengan pengaturan elektronik untuk performa lebih maksimal. Selain itu, mode berkendara Nismo baru dilaporkan akan menambahkan efek suara Formula E untuk meningkatkan pengalaman keseluruhan.

Sayangnya, informasi mengenai performanya masih terbatas. Sebagai gambaran, Ariya yang paling bertenaga saat ini memiliki motor listrik ganda menghasilkan tenaga gabungan 389 dk dan torsi 599 Nm. Kemungkinan versi Nismo memiliki tenaga yang jauh lebih besar. Sementara itu, Ariya Nismo akan tersedia dengan pilihan baterai 63 kWh dan 87 kWh.

Dalam gelaran Tokyo Auto Salon 2024, model tersebut akan bergabung bersama mobil berperforma tinggi lain dikembangkan oleh Nismo, yakni GT-R, Z, dan Skyline.