Bagikan:

AKARTA - Setelah dinantikan dalam beberapa waktu terakhir, Nissan akhirnya memperkenalkan kendaraan listrik (EV) berperforma tinggi, Ariya Nismo. Mobil ini secara resmi diluncurkan pada Tokyo Auto Salon 2024 di Jepang, dimulai hari ini.

Dengan peluncuran crossover ini, Ariya Nismo menjadi EV berperforma tinggi kedua yang diperkenalkan oleh Nissan setelah Leaf Nismo pada tahun 2018. Seperti halnya Leaf Nismo, Ariya Nismo menawarkan akselerasi yang agresif dan lebih cepat dengan pengendalian yang juga ditingkatkan.

6

Dikutip dari laman resmi pabrikan, Jumat, 12 Januari, Nismo turut terlibat dalam pengembangan Ariya dan dilengkapi dengan pelek 20 inci yang sangat kaku, memberikan stabilitas dan kemampuan berbelok yang lebih baik, didukung oleh ban berukuran 255/45R20. Penyetelan ini dipadukan dengan teknologi empat roda e-4ORCE yang dikembangkan secara khusus.

Bagian eksteriornya didekorasi dengan bodykit yang lebih sporty, mengoptimalkan sisi aerodinamis dengan mengurangi gaya hambatan dan memberikan downforce lebih besar saat melaju dengan kecepatan tinggi.

7

Di bagian dalamnya, Ariya Nismo menampilkan satu set kursi bucket, roda kemudi yang lebih sporty, roofliner hitam, dan berbagai aksen merah agresif khas Nismo.

Untuk mesinnya, mobil ini dilengkapi dengan motor listrik ganda yang mampu menghasilkan tenaga hingga 362 dk dan torsi 560 Nm untuk varian dasar, B6. Sementara itu, varian tertinggi, B9, mencapai tenaga 429 dk dan torsi 600 Nm.

Kedua varian ini juga memiliki kapasitas baterai yang berbeda, dengan B6 menggunakan baterai 66 kWh, sedangkan B9 didukung oleh baterai 91 kWh. Namun, sayangnya, pabrikan asal Jepang ini belum mengungkap jarak tempuh spesifik untuk masing-masing tipe.