Toyota Resmi Perkenalkan GR Yaris Facelift Bertransmisi Otomatis di Tokyo Auto Salon 2024
GR Yaris facelift bertransmisi otomatis. (Dok. Toyota)

Bagikan:

JAKARTA - Toyota Gazoo Racing (TGR), divisi motorsport dan performa tinggi Toyota resmi memperkenalkan perubahan pada hot hatch GR Yaris. Mobil ini dibawa pabrikan pada gelaran Tokyo Auto Salon 2024 yang diselenggarakan hari ini.

Tidak hanya tampil dengan ubahan yang lebih baru dari sebelumnya, mobil ini diklaim memiliki performa lebih baik dengan transmisi otomatis delapan percepatan yang dikembangkan dan digabungkan dengan penggerak empat roda (4WD).

6

Dilansir dari laman perusahaan, Jumat, 12 Januari, transmisi tersebut dikembangkan dengan memadukan unsur motorsport dan performa khas mobil perkotaan atau jalan raya. Pabrikan mengatakan sistem ini diuji langsung oleh pembalap reli TGR World Rally Team di berbagai permukaan jalan, seperti bersalju di Finlandia, dan diuji dalam balapan Super Taikyu oleh Akio Toyoda atau ‘Morizo’, Chairman Toyota dan Shigeru Hayakawa (Wakil Presiden Toyota) yang berada di balik kemudi.

Toyota menyebut bahwa sistem transmisi otomatis akan sama menyenangkannya dengan perpindahan gigi secara manual. Sistem ini dikendalikan dengan perangkat lunak yang dioptimalkan sehingga perangkat lunak mampu mendeteksi cara pengemudi menginjak pedal gas dan rem.

Artinya sistem ini dapat mengantisipasi kapan perpindahan gigi diperlukan serupa dengan cara pengemudi profesional memindahkan gigi.

Meskipun pabrikan mempertahankan mesin 1,6 liter turbo seperti sebelumnya, GR Yaris facelift memiliki tenaga yang ditingkatkan dari 272 ps menjadi 304 ps dan torsi dari 370 Nm ke 400 Nm, sehingga menambah keseruan dalam berkendara.

Eksteriornya juga terdapat perubahan dengan sisi bagian depan bawah atau bumper memiliki struktur baru yang lebih sporty dari sebelumnya. Kisi-kisi samping bawah kini dilengkapi bukaan lebih besar untuk memastikan kinerja pendinginan.

Perubahan juga terlihat jelas pada bagian belakang dengan bagian bawah yang didesain ulang, untuk mengoptimalkan aerodinamis dan pembuangan pada knalpot. Lampu belakang juga mengalami perubahan didesain saling tersambung dari kedua sisi.

Selain itu, stop lamp yang dipasang tinggi telah dipisahkan dari spoiler belakang, sehingga meningkatkan kemampuan penyesuaian spoiler.

Fitur seperti ‘Drive Mode’ juga hadir dengan menyesuaikan cara berkendara dengan dapat mengatur fungsi dari power steering elektronik, AC, dan powertrain sesuai dengan jenis modenya.

7

Bagian dalamnya juga terlihat lebih sporty dari sebelumnya dengan layar TFT 12,3 inci full-color yang dapat memperoleh informasi teknis dari mobil ini. Posisi berkendara juga diperbaiki dengan menurunkan posisinya hingga 25 mm dan jarak pandang ke depan diperluas sehingga pengemudi memiliki visibilitas dengan lebih jelas.