Bagikan:

JAKARTA - Diluncurkan pada pertengahan 2022 lalu, Toyota GR Corolla berhasil menarik perhatian para pemerhati otomotif berkat desain dan performanya yang mengesankan.

Selama lebih dari satu tahun menunjukkan eksistensinya di segmen mobil performa tinggi, hatchback ini hadir dengan transmisi manual yang menambah cita rasa pengemudi bagi yang mengendarainya. Namun, apakah Toyota akan menghadirkannya dengan transmisi otomatis?

President Toyota Gazoo Racing (GR) Tomoya Takahashi, mengatakan bahwa pihaknya terbuka akan hal itu jika pasar menginginkan GR Corolla dengan transmisi otomatis.

“Jika ada permintaan pelanggan, mungkin saja,” kata Takahashi dikutip dari Drive, Rabu, 22 Mei.

2
Toyota GR Corolla

Sementara itu, Head of Sales and Marketing Toyota Australia Sean Hanley, menambahkan bahwa pelanggan tertarik untuk membeli mobil performa tinggi dengan transmisi otomatis bila model tersebut tersedia di pasaran.

“Berdasarkan data mobil GR Supra dan GR86 yang mewakili lebih dari separuh penjualan saat ini, data tersebut menunjukkan bahwa orang-orang akan tertarik pada otomatis jika tersedia,” tambah Hanley.

Pada awal tahun ini di Tokyo Auto Salon, pabrikan dari Jepang ini memperkenalkan GR Yaris facelift dengan transmisi otomatis untuk pertama kalinya. Mobil ini diklaim memiliki performa lebih baik dengan transmisi otomatis delapan percepatan yang dikembangkan dan digabungkan dengan penggerak empat roda (4WD).

Meskipun pabrikan mempertahankan mesin 1,6 liter turbo seperti sebelumnya, GR Yaris facelift memiliki tenaga yang ditingkatkan dari 272 ps menjadi 304 ps dan torsi dari 370 Nm ke 400 Nm, sehingga menambah keseruan dalam berkendara. Transmisi otomatis ini juga disematkan pada Lexus LBX Morizo RR yang juga mengusung mesin yang sama dengan GR Yaris dan GR Corolla.

Artinya, secara teknis GR Corolla akan cocok dengan transmisi otomatis yang berhasil dikembangkan oleh divisi Gazoo Racing. Namun, semua tergantung permintaan dari pembeli dan keputusan perusahaan.