Usai Debut di Eropa dan Dipasarkan di Australia, Hyundai Ioniq 5 N Pulang Kampung
Hyundai Ioniq 5 N. (Dok. Hyundai Motor Group)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah melakukan debut di Eropa melalui Goodwood Festival of Speed 2023 pada bulan Juli lalu, Hyundai membawa pulang mobil listrik performa tinggi Ioniq 5 N ke Korea Selatan dan segera akan dipasarkan di sana.

Di negara asalnya, Hyundai memberi harga Ioniq 5 N 76 juta won atau sekitar Rp875 juta, yang sudah termasuk pajak, seperti dilaporkan Yonhap, Senin, 4 September.

Ioniq 5 N adalah produk andalan dari divisi N Hyundai, yang terkenal dengan model-model performa tinggi. Mobil ini dibangun dengan tiga pilar utama dalam pengembangannya: Corner Rascal, Racetrack Capability, dan Everyday Sportscar.

Dari segi penampilan, Ioniq 5 N memiliki perbedaan yang mencolok dari versi standarnya. Divisi N menambahkan beberapa elemen untuk meningkatkan kesan sporty, seperti trim hitam yang mencolok dan sayap belakang yang dirancang untuk meningkatkan aerodinamika kendaraan.

Tidak hanya tampilan, divisi N juga melakukan revisi pada beberapa komponen kunci untuk memastikan mobil ini memberikan performa maksimal. Ini termasuk pengaturan suspensi yang disempurnakan, komponen aerodinamis yang dioptimalkan, dan peningkatan pada sistem regeneratif pengereman untuk mengurangi bobot.

Ioniq 5 N juga hadir dengan pelek aluminium berukuran besar, yaitu 21 inci, yang dilengkapi dengan ban kelas atas, Pirelli P Zero 275/35R2, untuk daya cengkram yang impresif.

Namun peningkatan signifikan terjadi pada bagian mesin. Ioniq 5 N dilengkapi dengan mesin listrik ganda yang menghasilkan tenaga sebesar 600 dk dan torsi mencapai 748 Nm. Dengan fitur N Grin Boost aktif, tenaga ini dapat meningkat hingga 641 dk dan torsi mencapai 770 Nm.

Dengan tenaga ini, Ioniq 5 N mampu melesat dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu sekitar 3,5 detik saja, dengan kecepatan maksimal yang mencapai 260 km/jam.

Hyundai juga membekali mobil ini dengan paket baterai terbaru berkapasitas 84 kWh, yang memungkinkan kendaraan menempuh jarak hingga 350 km hanya dengan satu kali pengisian daya baterai.

Tidak hanya itu, teknologi pengisian daya ultra-cepat juga dihadirkan. Ioniq 5 N dapat mengisi daya dari 10 hingga 80 persen dalam waktu hanya 18 menit.

Ioniq 5 N juga menampilkan fitur khusus seperti N e-shift dan N Active Sound+, yang menambahkan dimensi ekstra pada pengalaman berkendara.

Sebelum Korea Selatan, Ioniq 5 N lebih dulu dipasarkan di Australia. Untuk pasar Australia, Hyundai Ioniq 5 N dibanderol dengan harga 111.000 dolar Australia atau setara dengan Rp1,094 miliar, menjadikannya mobil Hyundai termahal yang pernah ada.