Bagikan:

JAKARTA - Jelang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, para pabrikan bersiap untuk menghadirkan kendaraan terbarunya termasuk Hyundai. Hyundai Motor Indonesia (HMID) bakal menghadirkan kendaraan terbarunya di ajang ini, beberapa di antaranya ialah Ioniq 5 N dan Santa Fe generasi terbaru. Ini diperkuat dengan kedua model ini tercantum di daftar Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB).

Dari pantauan VOI dalam laman influencer otomotif @indra_fathan, Sabtu, 13 Juli, daftar tersebut menyebutkan bahwa Ioniq 5 N akan hadir dalam satu varian dengan harga Rp596 juta serta Santa Fe mulai dari Rp432 juta sampai Rp445 juta.

Perlu diingat bahwa harga yang terdaftar di situs NKJB belum mencakup semua pajak penjualan seperti BBNKB, PPh, PPN, dan lain-lain. Sehingga harga yang sebenarnya mungkin berbeda ketika mobil ini dipasarkan di Indonesia.

Ioniq 5 N merupakan mobil listrik pertama yang dihadirkan oleh Hyundai. Crossover tersebut melakoni debut globalnya pada Juli tahun lalu dalam Goodwood Festival of Speed.

Mobil ini sukses mencuri perhatian para pecinta otomotif di dunia berkat performanya yang bertenaga serta memiliki keasyikan berkendara kelas atas. Berbeda dari standarnya, crossover ini miliki tampilan eksterior sporty dilengkapi dengan pelek alumunium 21 inci dengan ban Pirelli P Zero 275/35R2.

Peningkatan lainnya juga dilakukan pada bagian mesin. Ioniq 5 N dilengkapi dengan motor listrik ganda yang menghasilkan tenaga sebesar 600 dk dan torsi sebesar 748 Nm. Bahkan, dengan fitur N Grin.

Dengan daya tersebut, Ioniq 5 N dapat mencapai kecepatan 0 hingga 100 km/jam dalam waktu sekitar 3,5 detik, dengan kecepatan maksimal mencapai 260 km/jam.Boost, angka tersebut dapat meningkat menjadi 641 dk dan torsi 770 Nm.

Sementara itu, Hyundai Santa Fe terbaru hadir dengan respons yang beragam terutama dalam hal desain lebih mengotak dan radikal dari sebelumnya. Memiliki proporsi desain yang serupa dengan Land Rover dan Jeep 4x4, SUV ini memiliki kesan yang tangguh dan kaku.

Di pasar global, SUV ini hadir dalam pilihan mesin bensin murni dan Plug-In Hybrid (PHEV). Yang pertama ialah 1,6 liter turbo bensin hybrid dengan berpenggerak dua atau empat roda yang dapat memompa tenaga 209 dk dan torsi 367 Nm. Yang kedua ialah Plug-In Hybrid (PHEV) yang tersedia dalam empat roda saja, memproduksi tenaga hingga 246 dk dan torsi 367 Nm.

Beberapa waktu lalu, SUV ini juga tertangkap kamera mata-mata melintasi jalan Indonesia dengan stiker berbalut kamuflase.