Bagikan:

YOGYAKARTA - Pemilik mobil harus paham mengenai komponen-komponen mobil yang perlu dicek setelah perjalanan jauh. Misalnya setelah berlibur ke luar kota atau ketika mudik ke kampung halaman saat lebaran. Setelah melalui perjalanan panjang, mobil bekerja dengan ekstra dan menghadapi berbagai kondisi. 

Setelah menempuh perjalan jauh, mobil membutuhkan perawatan karena tingkat penggunaan yang tinggi. Namun lantaran lelah atau capek, tidak sedikit pemilik mobil yang lupa atau mengabaikan kondisi mobilnya. Padahal ada beberapa komponen mobil yang harus dicek setelah perjalanan jauh agar tidak rusak atau bermasalah. 

Komponen Mobil yang Perlu Dicek setelah Perjalanan Jauh

Sehabis melakukan perjalanan jauh, sebaiknya Anda membawa mobil ke bengkel untuk memeriksa komponen-komponennya. Anda harus memastikan apakah setiap komponen mobil berada dalam kondisi baik setelah bekerja ekstra. 

Pengecekan komponen mobil ini berfungsi untuk mendeteksi lebih awal apabila terdapat kerusakan. Jadi Anda bisa segera memperbaikinya dan bisa mengendarainya tanpa ada masalah. Berikut ini beberapa komponen mobil yang harus dicek setelah perjalanan jauh.

Kaki-kaki Mobil 

Salah satu komponen penting pada mobil yang perlu dicek setelah perjalanan jauh adalah bagian kaki-kaki mobil. Bagian kaki-kaki mobil bekerja ekstra saat menempuh jarak jauh dan melintasi berbagai medan jalan. Apalagi jika mobil digunakan untuk membawa banyak muatan atau beban berat. 

Bagian kaki-kaki mobil yang perlu Anda periksa, di antaranya shockabsorber, lower arm, bushing arm, bearing, laker, hingga ball joint. Seringkali komponen di kaki-kaki mobil ini terabaikan karena lokasinya berada di bawah. Namun jika Anda menemukan adanya masalah, sebaiknya segera perbaiki atau menggantinya.  

Oli 

Oli mobil juga harus Anda cek setelah melakukan perjalanan jauh. Sebab Anda baru saja menggunakan mobil untuk jarak yang jauh dan waktu lebih lama dari biasanya. Perjalanan tersebut menyebabkan tingginya suhu mesin, sehingga bisa membuat performa dan volume oli menurun. 

Anda perlu mengecek kondisi ini untuk memastikan tidak ada kebocoran. Apabila terlihat adanya rembesan atau tetesan oli, maka Anda harus segera melakukan perawatan atau perbaikan. Lalu jika volume oli sudah menipis, sebaiknya segera mengganti dengan yang baru. 

Ban

Ban juga menjadi komponen mobil yang paling banyak bekerja saat digunakan perjalanan jauh. Setelah sampai rumah, pastikan untuk mengecek kondisi ban mobil Anda. Anda perlu memeriksa tekanan angin dan kulit bannya. Perjalanan panjang akan menyebabkan ban menjadi panas, sehingga mempercepat tingkat ausnya. 

Saat memeriksa ban mobil, pastikan ban masih jauh dari Tread Wear Indicator (TWI) yang tersedia pada ban. Seringkali kondisi medan jalan yang terjal atau berlobang membuat telapak ban menjadi sobek atau bolong. Jadi periksa dengan teliti dan jika mengalami kejanggalan maka segera ganti dengan yang baru demi keamanan penggunaan mobil.

Rem

Perjalanan jauh juga membuat komponen rem bekerja lebih keras. Apalagi jika Anda melintasi jalan yang macet dan menanjak serta menurun. Rem yang bekerja ekstra akan membuat kampas lebih cepat aus atau terkikis. Jadi cek dan pastikan ketebalan kampas rem masih dalam kondisi baik. 

Jika kampas rem sudah menipis atau mencapai batas maksimal, maka Anda harus segera menggantinya. Jangan lupa juga untuk mengecek kondisi minyak rem sesuai rekomendasi yang sudah ditentukan. 

Radiator

Komponen mobil lainnya yang wajib dicek setelah melewati perjalanan jauh adalah radiator. Radiator mobil mungking akan mengalami siklus kerja yang berat, apalagi jika mobil Anda termasuk kendaraan tua atau sudah berumur. Pastikan suhu mesin selalu konstan dan tidak mengalami overheat, serta tidak ada salahnya menguras radiator.

Bodi dan Interior

Bodi dan interior mobil juga menjadi bagian penting lainnya yang tak boleh Anda lewatkan saat memeriksa kondisi mobil. Saat menempuh perjalanan jauh, bodi mobil Anda menghadapi berbagai paparan seperti angin, debu, panas sinar matahari, hingga hujan. 

Jadi pastikan Anda untuk mengecek setiap bagian bodi mobil untuk memastikan tidak ada yang rusak, lecek, atau terkelupas. Selain itu, Anda juga perlu mengecek interior mobil Anda mulai dari bagian kabin hingga bagasi. Pastikan interior tidak berbau menyengat atau ada serangga yang masuk di dalamnya. 

Demikianlah ulasan mengenai komponen mobil yang perlu dicek setelah perjalanan jauh. Meski mobil Anda tampak normal atau baik-baik saja, sebaiknya Anda tetap melakukan pemeriksaan pada sejumlah komponen di atas. Baca juga perawatan bodi mobil saat musim hujan

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.