Sebelum Kembali Melakukan Rutinitas Pasca Balik Mudik Lebaran, Cek Komponen Motor Ini
Ilustrasi Servis Motor Honda/(Foto: Dok Wahana Makmur Sejati) 

Bagikan:

 

JAKARTA- Mudik lebaran sudah menjadi rutinitas yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat Indonesia. Bahkan tidak sedikit yang pergi dan pulang mudik lebaran menggunakan motor. 

Bagi Anda yang menggunakan motor, pasca balik mudik lebaran ada beberapa komponen yang harus dicek, dikarenakan perjalanan dan pulang mudik tergolong cukup jauh. Lantas apa saja komponen yang harus dicek kembali? 

"Cek lagi kondisi oli motor, kampas rem depan dan belakang dan pastikan masih layak pakai," kata Training Analyst PT Wahana Makmur Sejati (WMS) Wahyu Budhi saat dihubungi VOI, Rabu, 16 April. 

Kedua komponen tersebut memang menjadi hal penting yang wajib dicek. Misalnya oli berfungsi sebagai pelumas mesin, yang dapat membantu gesekan di area mesin agar lebih sempurna. 

Perlu diketahui, oli sendiri memiliki masa pakai yang dimana jika sudah melewati batasan harus segera diganti, dengan tujuan agar kinerja mesin dapat lebih optimal. 

Sementara untuk kampas rem juga memiliki fungsi penting, dan cara kerjanya menekan piringan cakram untuk menghentikan putaran. Ketika mudik menggunakan motor tentu akan terjadi banyak gesekan. 

Tak hanya itu saja, pria yang akrab disapa Budhi ini mengatakan setiap pengguna roda dua bisa mengecek kembali kondisi roda dan ban, serta bagian kelistrikan motor. 

"Semua kelistrikan juga bisa dicek lagi setelah balik mudik lebaran, seperti lampu depan, belakang dan yang jelas bisa periksa kembali kondisi kendaraan ke bengkel resmi," tambahnya. 

Jadi, pastikan untuk mengecek kembali motor Anda sebelum melakukan rutinitas normal seperti biasa, pasca mudik lebaran. 

Penulis: Afrizal Abdul Rahman