Geliat VinFast Ekspansi ke Berbagai Negara, Impor Utuh hingga Bangun Pabrik untuk Produksi Lokal
Pabrik VinFast di Vietnam/ Dok: VinFast

Bagikan:

 

JAKARTA- Merek asal Vietnam, VinFast terus melebarkan sayapnya dengan ekspansi ke berbagai negara guna meramaikan pasar mobil listrik global.

Jenama asal Vietnam tersebut memantapkan India sebagai destinasi tujuan selanjutnya, bahkan telah melakukan peletakan batu pertama di negara bagian Tamil Nadu, India dan dijadwalkan untuk mulai meluncurkan model buatan lokal (India) pada tahun 2025 dan seterusnya.

Terbaru, mengutip dari laman Autocar India, merek tersebut kemungkinan besar akan memasuki pasar India dengan dua model yang diimpor utuh dari Vietnam, keduanya yaitu VinFast VF5 dan VF e34.

Berdasarkan salah satu sumber, VinFast akan mengikuti kebijakan baru terkait kendaraan listrik sesuai dengan peraturan dari Pemerintah India, dan memanfaatkan berbagai keuntungan dari peraturan tersebut yang memang sengaja dihadirkan.

Meski diimpor, kemungkinan besar harganya akan sangat agresif dan ketik hadir bakal menjadi penantang kuat Tata Motors hingga MG Motor yang memang memiliki model di segmen yang sama.

Masuk pasar Indonesia

Merek asal Vietnam tersebut juga telah resmi masuk pasar Indonesia, lebih tepatnya pada ajang IIMS 2024 yang berlangsung Februari lalu yang membawa total lima model, terdiri dari VF e34, VF 5, VF 6, VF 8 dan VF 9.

Selain itu, VinFast juga mengucurkan dana hingga Rp18 miliar di Indonesia termasuk membangun pabrik manufaktur baru, yang berlokasi di Batang, Jawa Tengah. Bahkan, baru-baru ini resmi membuka jaringan dealer pertamanya yang berlokasi di Depok, Jawa Barat.