Honda Perkenalkan Seri Ye, Model EV Pertama Perusahaan untuk Pasar China
Ketiga model dari seri Ye milik Honda, Ye S7 (kiri), Ye GT Concept (tengah), dan Ye P7 (kanan) (sumber: Honda Global)

Bagikan:

JAKARTA - Baru-baru ini, Honda resmi memperkenalkan seri model kendaraan listrik terbaru, yakni Ye. Lini model tersebut hanya tersedia untuk pasar China dan akan dipamerkan dalam pergelaran Beijing International Automotive Exhibition (Beijing Auto Show) pada akhir bulan ini.

Menurut lansiran laman resmi perusahaan, Rabu, 17 April, seri Ye hadir dalam tiga model, yakni Ye P7, Ye S7, dan Ye GT Concept. Perusahaan dari Jepang tersebut merencanakan akan meluncurkan enam model dari seri ini pada 2027 mendatang.

Model Ye P7 dan Ye S7 dibangun di atas platform EV yang dikembangkan secara khusus dan masing-masing hadir dalam dua varian, yakni penggerak roda belakang motor tunggal dan penggerak semua roda motor ganda.

Honda mengklaim bahwa variasi tersebut dirancang untuk menciptakan “kegembiraan dalam berkendara”. Lebih lanjut, penggerak roda belakang memiliki karakteristik berkendara sporty dan tajam serta penggerak empat roda menawarkan tenaga besar dan lebih responsif.

Kedua model ini menawarkan ruang kabin yang luas memungkinkan penumpang kursi depan dan belakang menikmati kenyamanan berkendara maksimal. Selain itu, pengguna akan dimanjakan dengan kecanggihan AI yang dapat mengubah pola emisi lampu LED pada panel instrumen dan panel pintu.

Sementara itu, model Ye GT Concept merupakan versi tertinggi dari seri ini. Dihadirkan dengan siluet yang “rendah dan lebar” sesuai dengan penamaan GT (Grand Tourer) serta kursi pengemudi yang didesain seperti mobil balap, model ini dirancang untuk memfokuskan pada performa yang dinamis.

Penumpang kursi depan akan ditawarkan dengan tampilan fokus jauh yang memberikan kesan mendalam serta pengalaman seolah-olah melihat layar besar. Sistem ini akan diperkenalkan untuk pertama kalinya dalam produk mobil Honda.

Ye P7 dan Ye S7 dijadwalkan akan masuk ke pasar China pada akhir 2024. Sementara itu, versi produksi dari Ye GT Concept dijual sebelum akhir 2025.

Seri Ye merupakan salah satu bentuk komitmen Honda dalam menciptakan mobilitas nol emisi. Ini sejalan dengan visi global perusahaan yang ingin menetralkan karbon pada semua lini produk dan aktivitas produksi pada 2050 mendatang.

Selain itu, pabrikan berlogo ‘H’ berencana akan memperkenalkan 10 model EV di China pada 2027 dan menjadikan kendaraan listrik mewakili 100 persen penjualan mobil di negeri tirai bambu pada 2035 mendatang.