Terlalu Sulit Diucapkan, Honda akan Ubah Nama HR-V Listrik untuk Pasar China
Honda e:Ny1. (Dok. Honda)

Bagikan:

JAKARTA - Honda berencana untuk merubah penamaan pada mobil listriknya setelah pelanggan menganggap nama “e:N” sulit untuk diucapkan.

Lebih lanjut, pabrikan akan segera mengimpor kendaraan listrik e:Ny1 rakitan Inggris ke pasar China. Disebutkan HR-V versi listrik tersebut akan mendapatkan facelift dan akan mendapat nama terbaru demi memudahkan pelanggan dalam mengucapkan model ini.

“Pelanggan di China tidak bisa mengucapkannya,” kata salah satu sumber dikutip dari Autocar, Kamis, 2 Mei.

Honda e:Ny1 merupakan crossover terbaru yang dikategorikan ke dalam segmen B SUV. Pabrikan menawarkan e:Ny1 dengan pengalaman berkendara yang halus dan "fun-to-drive".

Dari segi eksterior, terdapat kemiripan dengan SUV dari Honda bertenaga mesin pembakaran, HR-V. Ini terlihat dari bagian lampu depan yang tipis yang terlihat menyatu. Namun, yang membedakan ialah grill pada e:Ny1 ditutupi dengan menonjolkan logo "H" dari Honda di tengahnya.

SUV e:Ny1 memiliki platform e:N Architecture terbaru yang dikembangkan oleh Honda. Platform penggerak motor depan tersebut menawarkan tiga atribut, yakni struktur bodi yang kuat, pusat gravitasi rendah, dan aerodinamika bawah lantai diatur dengan teliti agar pengemudi mendapat pengalaman yang menyenangkan selama mengemudikan e:Ny1.

Platform dari mobil EV ini menggabungkan unit penggerak daya yang memiliki performa tinggi dan ringan, motor listrik, dan girboks. Ini dapat menghasilkan daya 203 dk dan torsi puncak 310 Nm.

Selain performa, Honda e:Ny1 memiliki baterai lithium-ion 68,8 kWh yang memiliki kemampuan impresif. Dengan ini, e:Ny1 memiliki daya jangkauan hingga 412 km menurut siklus WLTP.

3
Honda Ye P7

Pada April lalu, perusahaan juga merilis Seri Ye dalam gelaran Beijing Auto Show 2024 khusus untuk pasar China. Keluarga Ye diisi oleh sejumlah model, seperti Ye P7, Ye S7, dan Ye GT Concept.

Model Ye P7 dan Ye S7 dibangun di atas platform EV yang dikembangkan secara khusus dan masing-masing hadir dalam dua varian, yakni penggerak roda belakang motor tunggal dan penggerak semua roda motor ganda.

Sementara itu, model Ye GT Concept merupakan versi tertinggi dari seri ini. Dihadirkan dengan siluet yang “rendah dan lebar” sesuai dengan penamaan GT (Gran Tourer) serta kursi pengemudi yang didesain seperti mobil balap, model ini dirancang untuk memfokuskan pada performa yang dinamis.

3
Honda e:NP2

Dalam ajang tahunan itu, Honda juga meluncurkan dua model dari keluarga e:N, yakni e:NP2 yang dijual oleh perusahaan patungan GAC Honda Automobile dan e:NS2 oleh Dongfeng Honda Automobile. Keduanya akan masuk pasar mulai Juni 2024 mendatang.