Bagikan:

JAKARTA - Setelah absen selama hampir sepuluh tahun, Mitsubishi Triton hadir dengan generasi terbaru yang diperkenalkan pada Juli tahun lalu. Mobil ini mengadopsi desain dari XRT Concept yang dipamerkan dalam Bangkok International Motor Show pada tahun 2023.

Tidak hanya memiliki desain terbaru, mobil ini juga dinilai memiliki sisi ketangguhan dan keselamatan level atas. Ini dibuktikan dari pengujian yang dilakukan Australasian New Car Assesstmen Program (ANCAP) di mana pikap tersebut memperoleh lima bintang atau penilaian tertinggi.

“Peringkat ini menunjukkan tekad dan kemampuan Mitsubishi dalam merancang, membangun, dan menghadirkan produk bintang lima,” kata ANCAP Chief Executive Officer, Carla Hoorweg, dikutip dari laman ANCAP, Selasa, 16 April.

Mitsubishi all-new Triton menunjukkan perlindungan tingkat tinggi bagi pengemudi, penumpang dewasa di kursi depan, dan penumpang anak-anak di sebagian besar uji tabrak fisik.

Skor maksimal diraih dalam test offset frontal penumpang, pengujian tiang samping depan pengemudi serta miring lebar penuh, dan kedua boneka anak dalam benturan depan dan samping.

Sebagai bagian dari rangkaian pengujian destruktif, ANCAP menilai potensi risiko cedera pada penumpang kendaraan lain jika tertabrak oleh kendaraan yang diuji. Triton terbukti menimbulkan risiko yang relatif rendah dibandingkan kendaraan lain sejenisnya.

Meskipun demikian, terdapat catatan perbaikan pada bagian dada dan kaki untuk penumpang belakang berukuran kecil dalam pengujian fronmtal lebar penuh dimana skor yang dicapai cukup rendah sehingga risiko terjadinya cedera perut cukup tinggi.

Dengan ditambah penilaian perangkat Safety Assist, Triton terbaru menghasilkan skor gabungan sebesar 70 persen atau di ambang batas skor untuk peringkat lima bintang. Mobil ini dilengkapi dengan Autonomous Emergency Braking (AEB) yang dapat mendeteksi dan merespon kendaraan lain, pejalan kaki, pengendara sepeda, dan motor.

Namun, sistem ini tidak dilengkapi teknologi menghindari tabrakan untuk di persimpangan dan tabrak langsung. Hal ini membatasi skor perangkat keamanan secara keseluruhan. Triton terbaru juga dilengkapi teknologi Driver Monitoring Systems (DMS) sebagai standar yang berperan mendorong penilaian Safety Assist.

“Triton memenuhi persyaratan protokol ANCAP dalam memperingatkan kelelahan dan gangguan, namun penerapan sistem ini oleh Mitsubishi dapat ditingkatkan dengan mengurangi peringatan yang tidak perlu kepada pengemudi,” tambah Hoorweg.

Penilaian yang dilakukan oleh ANCAP ini berlaku mulai tahun 2023 hingga 2025 mendatang. Setelahnya, lembaga tersebut akan melakukan pengujian kembali dengan kriteria dan pengujian terbaru.

Ini semakin memperbagus portofolio dari Mitsubishi Triton terbaru setelah model tersebut diuji oleh ASEAN NCAP pada akhir 2023 lalu dengan meraih peringkat lima bintang atau total skor 74,71 poin.