Pengguna Motor Wajib Tahu, Ini Tips Cegah Kram Tangan saat Balik Mudik Lebaran
Ilustrasi/DOK FOTO Astraotoshop

Bagikan:

JAKARTA - Puncak arus balik lebaran 2024 diprediksi terjadi mulai 14 April, berdasarkan keterangan dari Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko.

"Menurut data dari Korlantas Polri bahwa puncak arus balik diprediksi mulai hari Minggu, 14 April 2024 sampai dengan Senin, 15 April 2024," kata dia, dikutip dari laman Humas Polri, Minggu, 14 April.

Berkaca dari data di atas, artinya akan terjadi kepadatan kendaraan baik di jalan tol maupun jalur biasa yang digunakan kendaraan roda dua. 

Nah, bagi Anda yang menggunakan motor kerap sekali mengalami tangan kesemutan atau kram saat melakukan perjalanan. Lantas bagaimana untuk mencegah hal di atas? Kali ini Head Of Safety Riding Promotion PT Wahana Makmur Sejati Agus Sani memberikan beberapa tips.

"Untuk mencegahnya, bisa melakukan pemanasan ringan sebelum berkendara dengan tujuan agar aliran dara lancar hingga potensi terjadinya kesemutan atau kram dapat diminimalisir," katanya saat dihubungi VOI, Minggu, 14 April.

Agus mengatakan posisi berkendara juga menjadi satu hal yang harus diperhatikan, tujuannya agar tidak terjadi kram pada tangan. Ia tak menyarankan posisi tangan tegak lurus.

"Posisi tangan saat berkendara harus sedikit menekuk (tidak lurus), serta rileks jangan terlalu tegang agar tidak mudah lelah dan mudah melakukan manuver," imbuh Agus.

Dia menyarankan, para pengguna roda dua untuk istirahat yang cukup agar kondisi tubuh tetap kembali fit selama perjalanan balik mudik lebaran.

"Istirahat 2 sampai 2,5 jam perjalanan sampai kondisi tubuh kembali fit," imbuh Agus.