Ford Recall 43.000 Model Bronco dan Escape di AS karena Masalah Ini
Ilustrasi kunci mobil Ford/ DOK: ford.com

Bagikan:

JAKARTA - Kabar tak sedap datang dari Ford yang harus menarik kembali atau recall jajaran Bronco dan Escape di Amerika Serikat, totalnya hampir 43.000 ribu kendaraan terkena dampak.

Mengutip dari laman USAToday, Minggu, 14 April, penarikan kembali ini karena adanya kekhawatiran pada komponen injektor bahan bakar yang bisa retak dan terjadi kebocoran di ruang mesin yang dapat menyebabkan kebakaran.

Menurut data yang dari National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), recall kali ini untuk model Bronco Sport tahun 2022-2023 dan Escape 2022 dengan mesin 1,5 L.

Ford bekerjasama dengan NHTSA telah melakukan penyelidikan terkait masalah tersebut. Terdapat lima model yang mengalami masalah, namun dipastikan tidak ada kerusakan akibat masalah tersebut.

Menyikapi masalah di atas, Ford melakukan langkah tegas dengan memberikan informasi ke para pengguna untuk dapat datang ke jaringan dealer resmi agar menyelesaikan masalah tersebut.

Nantinya, Ford akan memasang tabung pembuangan serta pembaruan perangkat lunak kontrol mesin, untuk penurunan tekanan dalam sistem injeksi bahan bakar, dengan begitu perangkat lunak akan menonaktifkan pompa bahan bakar bertekanan tinggi, mengurangi tenaga mesin serta mengurangi suhu di ruang mesin.

Kabar baik, para pengguna kedua model yang telah disebutkan di atas tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali, alias gratis.

Sebagai tambahan informasi, penarikan kembali baru-baru ini merupakan perluasan dari Ford yang dibuat pada tahun 2022 karena masalah serupa.