Tiga Mobil dengan Masa Produksi Terpanjang di Dunia
Model edisi akhir Volkswagen Beetle Convertible 2019. (Dok. Volkswagen)

Bagikan:

JAKARTA - Mobil datang dan pergi, tetapi ada beberapa yang terus eksis dengan beberapa di antaranya menjadi model produksi dengan umur terpanjang di dunia.

Banyak nama model mobil yang tampaknya tak lekang waktu, tapi jarang sekali mobil tersebut tak mengalami perubahan sama sekali oleh pabrikannya selama lebih dari satu dekade. Umumnya, pabrikan mendesain ulang atau melakukan penyegaran platform dengan kemajuan teknologi terbaru, fitur keselamatan yang canggih, dan menawarkan sesuatu yang segar.

Namun, cerita ini tentang model-model yang melawan tren, dan bertahan lama. Volkswagen menghentikan produksi Beetle yang terlahir kembali pada tahun 2019, yang mengingatkan semua orang bahwa Beetle adalah mobil yang sangat berumur panjang.

Volkswagen Beetle (1938-2003) – 65 TAHUN

4
Volkswagen Beetle Vintage terletak di depan Jembatan Golden Gate di San Francisco, California, AS.

Dan mobil dengan masa produksi terpanjang adalah... Volkswagen Beetle! Popularitasnya melampaui ranah mobil klasik. Ini adalah ikon sejati di seluruh dunia, setidaknya sama dikenalnya dengan logo Coca-Cola.

Kepopulerannya tidak terduga; Volkswagen pada awalnya hanya ingin membuat mobil untuk masyarakat Jerman. Dirancang untuk menjadi kendaraan rakyat di Nazi Jerman pada akhir 1930-an, kelahirannya terhenti karena Perang Dunia Kedua. Mobil ini nyaris diproduksi oleh Inggris atau Amerika setelah perang, tetapi tidak ada produsen mobil Inggris yang menginginkannya, begitu pula Ford. "Kendaraan ini tidak memenuhi persyaratan teknis dasar sebuah mobil," tulis seorang pejabat Inggris. "Ini sama sekali tidak menarik bagi pembeli rata-rata. Memproduksi mobil ini secara komersial akan menjadi usaha yang tidak ekonomis."

Tetapi Beetle tetap berkembang pesat saat Eropa bangkit dan sangat membutuhkan mobil. "Strength-Through-Joy Wagen" Hitler (Kendaraan Kebahagiaan Melalui Kekuatan) justru menjadi landasan budaya flower-power tahun 60-an, yang kemungkinan besar bukan seperti yang dia inginkan. Peraturan emisi yang lebih ketat akhirnya menghentikan produksi Beetle. Produksi berakhir di Meksiko pada tahun 2003 dengan model edisi terbatas bertema retro bernama Última Edición. Lebih dari 21 juta unit Beetle terproduksi di tidak kurang dari 15 negara.

Morgan 4/4 (1955-2018) – 63 TAHUN

4
Morgan 4/4 2018

Aturan evolusi otomotif dasar menyatakan bahwa Morgan seharusnya menghentikan produksi 4/4 di beberapa titik pada 1960-an dan memperkenalkan penggantinya. Namun, pabrikan Inggris ini dengan berani melawan tren industri otomotif ketika memutuskan untuk terus memproduksi roadster ini. Meskipun sering melakukan perubahan kecil dari waktu ke waktu untuk meningkatkan kemampuan mengemudi dan penggunaan, desain klasiknya terlihat seperti dibekukan di era 1950-an.

Mesin Morgan 4/4 menggunakan mesin Ford sejak model ini dihidupkan kembali pada tahun 1955, tetapi Morgan sempat menawarkannya dengan mesin empat silinder buatan Fiat selama tahun 1980-an. Peraturan emisi seputar mesin Ford Sigma yang digunakan mobil ini pada akhirnya menghentikan produksinya.

Hindustan Ambassador (1958-2007) – 49 TAHUN

3

Hindustan Motors memperkenalkan Ambassador setelah membeli hak atas Morris Oxford Series III dari British Motor Corporation (BMC). Kami ragu siapa pun yang terlibat dalam kesepakatan itu membayangkan desain dasar Oxford akan bertahan selama setengah abad. Ambassador sedikit berubah selama masa produksinya, kecuali model Avigo yang diperkenalkan pada tahun 2004 dengan tampilan lebih modern.

Peugeot pada tahun 2017 membeli merek Ambassador seharga £10 juta dalam upaya untuk membantunya kembali ke pasar India setelah absen selama 23 tahun.

Mobil Legendaris Lainnya yang juga berumur panjang:

  • Toyota Land Cruiser 70 Series (1984-sekarang) - 38 tahun sampai saat ini.
  • Renault 4 (1961-1994) - 33 tahun
  • Land Rover 90/110/Defender (1983-2016) - 33 tahun
  • Maruti Suzuki Gypsy (1985-2019) - 33 tahun