Setelah 47 Tahun Produksi Ford Fiesta Dipastikan Berakhir
2021 Ford Fiesta Studio Interior ST. (Dok. Ford)

Bagikan:

JAKARTA - Ford telah memutuskan menghentikan produksi Ford Fiesta, salah satu model Ford terlaris di dunia setelah diproduksi selama 47 tahun. Pada tanggal 7 Juli ini, Ford Fiesta terakhir akan keluar dari jalur perakitan di Cologne, Jerman.

Alasan resmi Ford untuk menghentikan produksi mobil ini seperti yang dilaporkan oleh Autocar akhir tahun lalu, karena perusahaan membutuhkan ruang di pabrik perakitan Cologne untuk memproduksi Ford Explorer EV baru, yang hanya ditujukan untuk pasar Eropa.

Generasi terbaru dan terakhir Fiesta ini tidak akan dipasarkan di Amerika Serikat dan beberapa negara lain di mana mobil-mobil lebih besar sedang menguasai pasar.

Dua Ford Fiesta terakhir yang diproduksi akan disimpan untuk koleksi sejarah Ford. Satu akan tetap berada di Cologne, sementara yang lainnya akan disimpan di Inggris, yang selalu menjadi pasar besar bagi mobil ini.

Diketahui, Fiesta secara konsisten menjadi salah satu mobil terlaris di Inggris sejak peluncurannya pada tahun 1976 dan memegang posisi teratas antara tahun 2009 dan 2020 - rekor terpanjang dalam beberapa tahun berturut-turut.

5

2021 Ford Fiesta Studio Interior. (Dok. Ford)

Namun, pada tahun 2021, Fiesta keluar dari 10 besar penjualan karena pandemi Covid-19 menghantam rantai pasokan. Banyak pabrikan termasuk Ford terpaksa mengalihkan stok suku cadang mereka dari mobil kecil yang kurang menguntungkan ke crossover dan SUV yang lebih banyak digemari.

Sebelumnya, generasi keenam Fiesta juga cukup laris di Amerika Serikat karena varian performa ST-nya, yang mulai dijual di Amerika pada tahun 2013. Dengan mesin tiga silinder 1,6 liter, ST menghasilkan tenaga 180 dk yang mengesankan, yang terasa pas untuk mobilnya yang memiliki berat sekitar 1.178 kg. Generasi keenam Fiesta ini dilengkapi dengan transmisi manual enam percepatan dan diproduksi di Meksiko hingga tahun 2017.

Fiesta adalah salah satu dari beberapa model Ford yang telah dihentikan produksinya saat merek bersiap untuk elektrifikasi skala penuh. Untuk MPV S-Max dan Galaxy, produksi terakhir adalah April 2023 lalu, dan produksi hatchback Focus juga berakhir pada tahun 2025.

Ford sebelumnya mengatakan hanya akan menjual EV di wilayah Eropa mulai tahun 2030 dan menargetkan menjual 600.000 mobil listrik setiap tahun pada tahun 2026 dan berupaya menjadi merek khusus EV di Eropa pada akhir dekade ini.