Kaleidoskop 2023: 7 Mobil yang Menemui Akhir di Tahun Ini
R8 Coupe Japan Final Edition. (Dok. Audi Japan)

Bagikan:

JAKARTA - Tahun 2023 menjadi tahun produktif bagi industri otomotif secara global. Sejumlah pabrikan meluncurkan beberapa model terbarunya pada tahun ini. Meskipun demikian, periode ini juga dihiasi kabar duka bagi para pecinta sejumlah mobil yang sudah lama beredar.

Pada tahun ini pula, beberapa pabrikan mengambil keputusan berat untuk menyetop produksi mobil yang telah lama malang melintang di industri ini dengan berbagai alasan, dari beralih ke elektrifikasi hingga modelnya yang mulai tidak diminati pasar.

Di Amerika Serikat misalnya, ada Dodge Charger dan Challenger begitu pula dengan sepupunya, Chrysler 300, diputuskan berakhir di tahun ini. Di Eropa, mobil karismatik lain yang juga ikut menyusul yaitu Audi R8. Dan ini hanyalah segelintir kendaraan yang mengucapkan selamat tinggal setelah model tahun 2023.

Apa saja model-model yang menemui akhirnya selama 2023? Berikut daftar tujuh mobil versi VOI yang telah diberhentikan produksinya:

Ford Fiesta

8

Ford, pabrikan otomotif asal AS, memutuskan untuk menghentikan salah satu produk terlarisnya, Fiesta, pada 7 Juli lalu. Sebuah unit terakhir model ini telah keluar dari jalur perakitan di Cologne, Jerman, sekaligus mengakhiri petualangannya selama 47 tahun.

Alasan resmi Ford untuk menghentikan produksi mobil ini karena perusahaan membutuhkan ruang di pabrik perakitan Cologne untuk memproduksi Ford Explorer EV baru, yang hanya ditujukan untuk pasar Eropa. Dua Ford Fiesta terakhir yang diproduksi akan disimpan untuk koleksi sejarah Ford. Satu akan tetap berada di Cologne, sementara yang lainnya akan disimpan di Inggris, yang selalu menjadi pasar besar bagi mobil ini.

BMW Seri-6 Gran Turismo

6

Sejak langkahnya di panggung otomotif pada tahun 2017, Seri-6 Gran Turismo (GT) dari BMW telah membuka babak baru. Namun, saat kisahnya merentang, terdapat sorotan gelap tak terduga di mana seri ini kurang diminati pasar.

Pada musim gugur tahun ini, BMW mengumumkan mengakhiri petualangan dari Seri-6 GT. Perusahaan mengungkapkan akan mengakhiri semua masa produksinya, dengan tipe Coupe, Convertible, dan Gran Coupe dengan GT yang akan menjadi varian terakhir dan akan memberi ruang diproduksinya Seri-5.

Seri-6 GT BMW memang tidak pernah mencapai ekspektasi dari pabrikan. Di antara seluruh jajaran model yang ada, Seri-6 tercatat sebagai model dengan jumlah penjualan paling sedikit misalnya tahun lalu di Jerman hanya mampu terjual 509 unit.

Mazda CX-8

8

Mazda, pabrikan otomotif ternama dari Jepang, telah mengumumkan rencananya untuk menghentikan produksi dari CX-8 pada akhir Desember ini. Dihentikannya petualangan SUV tersebut demi memberikan ruang bagi model CX-80 hybrid yang akan diluncurkan tahun depan. Keputusan ini menunjukkan langkah serius Mazda dalam menghadapi pasar mobil listrik.

Meskipun produksinya akan dihentikan dalam waktu sebulan ke depan, perusahaan telah menegaskan bahwa pemesanan dan penjualan CX-8 akan tetap berlanjut hingga 2024 atau sampai stok unit habis terjual.

Kia Rio

8

Keputusan berani diambil dari jenama kendaraan asal Korea Selatan, Kia, yang akan mematikan model Rio pada akhir 2023. Model ini merupakan kendaraan bertipe sedan yang memiliki harga terjangkau di kelasnya.

Pabrikan menyebut dihentikannya produksi dari Rio adalah demi memberi jalan bagi model penerusnya yang akan diluncurkan pada tahun depan. Disebutkan bahwa All-New K3, yang diluncurkan pada Agustus lalu, merupakan penerus dari sedan tersebut.

Audi TT

7

Akhir tahun 2023 akan menjadi salam perpisahan bagi salah satu model legendaris dari Audi, yakni TT. Mobil sport ikonik tersebut akan disuntik mati setelah mengarungi pasar selama 25 tahun.

Pabrikan asal Jerman tersebut mengungkap bahwa dihentikannya produk ternama ini karena ingin menghadirkan lebih banyak mobil sport EV di masa depan. Bahkan, merek berlogo empat cincin tersebut berniat menghadirkan penerusnya dalam bentuk elektrifikasi.

Pada akhir November lalu, Audi meluncurkan edisi terakhir dari model ikonik ini untuk pasar global melalui jalur perakitan di pabrik Hungaria. TTS Coupe generasi ketiga, tampak dihiasi dengan bunga, dikelilingi oleh konsep TT Coupe dan TT Roadster, serta model-model sebelumnya. Angka 662.762 unit yang tertera menandakan total produksi Audi TT sejak 18 Februari 1998 hingga 10 November 2023.

Mercedes-Benz CLS

7

Meluncur tahun 2004, Mercedes-Benz CLS merupakan rangkaian mobil eksekutif yang diproduksi oleh Mercedes-Benz yang diposisikan di antara E-Class dan S-Class. Namun pada Agustus 2023 produksinya telah dihentikan oleh pabrikan demi membuka jalan pada Mercedes-Benz E-Class.

Keputusan menghentikan CLS, juga menandai dorongan yang jelas terhadap kendaraan listrik EQ dan model AMG yang lebih mahal. Artinya, model seperti EQE dan EQS dengan lini mirip coupe menawarkan alternatif lebih menarik baik dari segi desain maupun segmen harga.

Jeep Cherokee

8

Cherokee adalah nama model dari Jeep yang paling terkenal. Apa yang terjadi pada model Cherokee berbeda dari model lain yang dihentikan. Dinamakan berdasarkan suku Indian Cherokee di Amerika Utara, Jeep telah menggunakan papan nama tersebut sejak tahun 1974. Dan pada tahun 2021, Suku Cherokee di Oklahoma di Amerika Serikat mengajukan keberatannya atas penggunaan nama tersebut.

Diketahui, papan nama Cherokee kembali ke Amerika Utara untuk generasi kelima, saat kendaraan diubah menjadi crossover dan diperbesar menjadi ukuran menengah. Mobilnya diperkenalkan di New York International Auto Show 2013 untuk model tahun 2014.

Namun banyak pihak menilai, papan nama tersebut akan kembali dalam beberapa tahun mendatang, mungkin menghiasi SUV EV Jeep yang akan datang soalnya nama Cherokee dan Jeep seperti sudah satu kesatuan selama hampir 50 tahun.