Bagikan:

JAKARTA - Ford menarik mobil SUV kompak Bronco Sport dan truk pickup Maverick karena adanya permasalahan yang bisa menyebabkan kedua kendaraan tersebut mati mendadak saat dikendarai.

Penarikan yang dilakukan Ford ini menjadi yang kedua terjadi bulan April ini menyusul recall jajaran Bronco dan Escape yang totalnya hampir 43.000 ribu kendaraan terkena dampak.

Untungnya, perbaikan untuk masalah ini sudah ditemukan dan akan tersedia secara gratis di dealer resmi Ford dalam waktu satu bulan ke depan.

Penarikan ini mencakup Ford Bronco Sport model 2021 dan terbaru, serta Ford Maverick pickup produksi tahun 2022 hingga 2023. 

Mengutip The Drive, 18 april, dari dokumen penarikan resmi dari NHTSA (National Highway Traffic Safety Administration), pada bulan Oktober lalu diketahui bahwa kedua kendaraan ini rentan mengalami masalah gagal mesin untuk starter atau kehilangan tenaga saat dikendarai, yang kemudian menyebabkan mobil tidak bisa dihidupkan kembali.

Nah, investigasi lebih lanjut menemukan bahwa sebagian besar masalah hilang setelah aki (accu) 12 volt pada kendaraan tersebut diganti. Hal ini kemudian mengarah pada identifikasi penyebab utama dari masalah tersebut. Dan diketahui, modul kontrol bodi dan powertrain pada kedua kendaraan, baik Bronco Sport maupun Maverick, ternyata tidak dikalibrasi dengan benar. Akibatnya, modul tersebut tidak dapat mendeteksi tegangan aki yang rendah. Dalam situasi di mana alternator tidak menghasilkan daya yang cukup, atau ketika fitur stop-start digunakan, mesin kendaraan bisa mati dan tidak bisa dihidupkan kembali. Masalah ini juga dapat menyebabkan komponen elektronik lain, seperti lampu hazard, tidak berfungsi, sehingga meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan.

Total terdapat 402.978 unit Bronco Sport dan 53.587 unit Maverick yang terdampak penarikan ini. Ford telah menerima 917 laporan garansi terkait masalah ini, serta tiga laporan tidak terverifikasi tentang kebakaran dan dua laporan kerusakan properti. Beruntungnya, tidak ada laporan mengenai cedera akibat masalah ini.

Ford akan mulai memberi tahu pemilik kendaraan yang terdampak penarikan ini mulai tanggal 13 Mei mendatang. Pemilik mobil yang terdampak bisa mengunjungi dealer resmi Ford untuk mendapatkan pembaharuan pada modul yang bermasalah secara gratis.