Bagikan:

JAKARTA - Ford mencatatkan pencapaian impresif dalam penjualan pada kuartal kedua tahun ini di Amerika Serikat, dengan meningkatnya penjualan kendaraan listrik dan hybrid.

Mengutip Carscoops, Kamis, 4 Juli, penjualan kendaraan listrik Ford pada kuartal kedua tahun ini naik 61 persen dari tahun lalu, mencapai 23.957 unit. Secara year-on-year, penjualan kendaraan listrik meningkat 71,8 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Secara lebih rinci, penjualan Ford Mustang Mach-E naik 46,5 persen mencapai 12.645 unit pada kuartal kedua. Penjualan F-150 Lightning meningkat 76,9 persen menjadi 7.902 unit, sedangkan E-Transit mencatatkan 3.410 penjualan dengan peningkatan 95,5 persen.

"Kendaraan hybrid dan listrik mendorong pertumbuhan," kata Presiden Ford Blue, Andrew Frick.

Selain itu, penjualan kendaraan hybrid meningkat 55,6 persen mencapai 53.822 unit, mencetak rekor penjualan baru. Maverick Hybrid memimpin dengan Ford menjual 40.420 unit pada paruh pertama tahun ini. Sementara itu, Ford F-150 menjadi terlaris kedua dengan 33.674 penjualan hingga saat ini.

“Dari pelanggan perkotaan yang menginginkan kemampuan pikap kecil seperti Maverick hingga bisnis yang mengandalkan van Transit untuk membantu menggerakkan perekonomian Amerika, jajaran produk khas Ford ini disukai oleh pelanggan," tambahnya.

Namun demikian, penjualan mobil Ford bertenaga mesin pembakaran internal (ICE) turun, seperti Bronco Sport yang turun 15,3 persen, dan Escape turun 13,2 persen. Dengan demikian, meskipun penjualan kendaraan ramah lingkungan meningkat, penjualan kendaraan ICE justru menurun.