Bagikan:

JAKARTA - Produsen mobil asal China yaitu Xpeng resmi meluncurkan M03, model pertama dalam jajaran Mona yang akan meramaikan segmen sedan listrik terjangkau.

Mengutip dari laman Carnewschina, Kamis, 4 Juli, Mona M03 dijual di bawah 200.000 yuan atau kisaran Rp449 jutaan, kehadirannya diharapkan dapat membantu perusahaan meningkatkan penjualan di paruh kedua tahun ini.

Mona bukan merek baru dari perusahaan, melainkan seru baru di bawah Xpeng yang kini melahirkan sedan listrik dengan desain futuristik. Mobil satu ini memiliki dimensi panjang 4.780 mm, lebar 1.896 mm, tinggi 1.445 mm dengan jarak sumbu roda 2.815 mm.

6

Sayangnya Xpeng belum mengungkapkan sisi interiornya, namun berdasarkan laporan dari Fast Technology mobil satu ini memiliki unit infotainment sentral mengambang berukuran besar dan tanpa panel instrumen, setir palang dua, serta opsi layar hiburan di belakang.

"Mobil yang sangat indah untuk kaum muda," ungkap Wakil Presiden Pusat Desain Xpeng JuanMa Lopez.

Lopez menggambarkan mobil ini mengadopsi desain estetika kuantitatif AI Desain Cerdas, yang mudah dikenali terutama dari fascia depan berkat kehadiran lampu yang dapat menerangi hingga 150 meter.

4

Mona M03 akan hadir dalam dua varian, masing-masing menawarkan output 140kW dan 160kW. Keduanya akan dilengkapi dengan baterai lithium iron phosphate (LFP) yang dipasok oleh divisi Baterai FinDreams BYD. Namun, detail spesifik mengenai kapasitas baterai dan perkiraan jarak tempuh saat terisi penuh belum diungkapkan, tapi diperkirakan mencapai lebih dari 600 km.

Menariknya, Mona M03 memiliki koefisien drag sebesar 0,194 Cd. Ini bahkan mengalahkan Tesla Model S , Model 3 , Porsche Taycan , dan Mercedes-Benz EQS. Efisiensi aerodinamis tersebut menghasilkan peningkatan konsumsi energi, perluasan jangkauan berkendara, dan peningkatan performa pada kecepatan lebih tinggi.

Dengan harga yang kompetitif, aerodinamis yang memecahkan rekor, dan desain hatchback yang praktis, Xpeng Mona M03 berpotensi mengganggu pasar kendaraan listrik yang terjangkau. Peluncuran resminya dijadwalkan pada bulan Agustus, dan rincian lebih lanjut mengenai spesifikasi dan fitur akan diungkapkan pada saat peluncuran resminya.