Bagikan:

JAKARTA - Pagani Huayra telah digantikan oleh Utopia pada tahun 2022. Namun, pabrikan Italia ini terus merancang edisi khusus dari supercar eksotis mereka sesuai dengan keinginan klien.

Baru-baru ini, Pagani merilis model Huayra Epitome, yang dikembangkan oleh divisi Grandi Complicazioni yang secara khusus merakit mobil one-off. Model ini dipersiapkan secara khusus bagi satu pelanggan yang menginginkan kesan dan desain terbaik.

Soal harganya tidak diungkap namun sebagai pembanding harga Pagani Utopia yang diproduksi sebanyak 99 unit berkisar 2,5 juta dolar AS per unitnya (setara Rp40,8 miliar) dan dapat dipastikan harga Huayra Epitome jauh di atas harga Utopia karena hanya satu unit yang diproduksi.

Head of Pagani Grandi Complicazioni, Lorenzo Kerkoc, mengatakan bahwa mobil ini dirancang khusus untuk salah satu klien yang menginginkan model Huayra dengan nilai lebih tinggi dan eksklusif. Proses pengerjaannya memakan waktu lama dan sangat rumit.

“Ini adalah proses yang panjang dan rumit karena pengembangan komponen yang didedikasikan untuk satu mobil memerlukan waktu yang sama seperti untuk mobil produksi seri,” kata Kerkoc dalam laman resmi merek pada Kamis, 4 Juli.

Transmisi Tujuh Percepatan Manual

8

Mobil bergaya hypercar ini memiliki sejumlah elemen khusus, seperti desain bumper depan dan belakang yang lebih baru, kap dengan kluster lampu eksklusif, dan sistem ekstraksi udara pada pelek terbaru.

Bagian depan dilengkapi bumper baru dengan splitter terintegrasi, dirancang atas permintaan pelanggan untuk meningkatkan downforce dan menyeimbangkan mobil di segala kondisi berkendara, mempercepat aliran udara ke saluran radiator bagian dalam.

Pencahayaannya dihadirkan secara eksklusif dengan menampilkan empat unit lampu yang dipasang pada kap depan dan dua elemen DRL di bumper.

Bagian belakang dilengkapi kap dengan konveyor samping berukuran besar dan sayap yang terintegrasi dengan bodi, menunjukkan ciri khas dari Huayra Epitome sesuai dengan keinginan klien.

Bagian sayap mengadopsi desain dari Huayra R untuk memberikan keseimbangan aerodinamika pada mobil saat melaju di kecepatan tertinggi.

Bagian kaki-kaki dirancang eksklusif dengan pelek berpola jari-jari yang terinspirasi dari edisi Imola Coupe yang dimiliki oleh klien. Pelek ini dipasangkan dengan ban Pirelli P Zero Trofeo R yang menjamin daya cengkeram luar biasa.

Mobil ini juga dibekali sistem suspensi aktif baru. Pelanggan hanya perlu menekan tombol ‘super soft’ di konsol tengah pada kabin. Fitur ini dapat diaktifkan saat mobil melaju di permukaan kasar untuk kenyamanan ekstra.

Namun, pada kecepatan lebih dari 150 km/jam, pengaturan suspensi ini kembali normal sesuai mode berkendara.

Berbicara soal mesin, Pagani Huayra Epitome dilengkapi dengan mesin V12 yang dirakit oleh AMG, menghasilkan tenaga dahsyat 864 dk pada 6.000 rpm dan torsi 1.100 Nm.

7

Keunikan lain dari edisi Epitome adalah menjadi satu-satunya model Huayra yang menyediakan transmisi tujuh percepatan manual murni, meningkatkan kesenangan dalam berkendara. Ini diakomodasi dengan diferensial yang dikontrol secara elektronik dan poros penggerak tri-pod bergaya balap, memungkinkan semua tenaga dan respons mesin dapat disalurkan secara maksimal.

Pabrikan Italia ini tidak menyebutkan angka pasti mengenai performanya, namun top speed kreasi one-off dari Pagani selalu dibatasi hingga 350 km/jam.