Ford Segera Luncurkan Truk Listrik yang Masih Misterius untuk Menangkan Kembali Pasar AS
Ford akan segera luncurkan truk mirip Bronco. (foto: twitter @Ford )

Bagikan:

JAKARTA - Setelah mencetak sukses besar dengan produksi F-150 Lightning, Ford sedang mengembangkan truk listrik baru yang kemungkinan akan mulai dijual pada tahun 2025. Ini pertama kali dilaporkan oleh Automotive News.

Detail mobil ini langka, tetapi truk EV baru akan duduk di samping Ford Explorer listrik, serta Mustang Mach-E dan F-150 Lightning dari produsen mobil ini, karena keluarga kendaraan listrik Ford mulai mengisi pada titik pertengahan dekade ini. .

CEO Ford, Jim Farley, pertama kali mengeluarkan prototipe truk baru ini pada April lalu. Ia menyatakan bahwa truk itu akan dibangun di kampus Blue Oval City yang akan datang di Tennessee. “Truk itu akan menjadi nama dan desain "serba -baru", bukan F-150 Lightning yang didesain ulang, dan akan membantu mendukung Ford sebagai pemimpin dalam truk listrik,” kata Farley, seperti dikutip The Verge.

Gagasan bahwa Ford akan memperkenalkan papan nama baru daripada menggemparkan salah satu produk yang ada, seperti merek Maverick dan Bronco yang populer, menunjukkan bahwa pembuat mobil merasa optimistis tentang rencana elektrifikasinya. Seorang juru bicara perusahaan menolak berkomentar tentang "spekulasi produk masa depan."

Laporan tersebut menegaskan kembali rencana Ford untuk meluncurkan produksi SUV Explorer all-electric pada akhir 2024. Explorer EV akan dibangun di pabrik perusahaan di Oakville, Ontario, setelah rencana sebelumnya untuk memproduksinya bersama Mustang Mach-E di Cuautitlan, Meksiko, dibatalkan.

Menurut  Automotive News, fasilitas dan pabrik di Oakville, di mana Ford Edge dan Lincoln Nautilus bertenaga gas dibangun, sedang dalam proses diubah menjadi pabrik EV saja.

Penjualan Explorer EV baru diharapkan akan dimulai pada 2025, meskipun gangguan rantai pasokan dan kekurangan bahan baterai telah menunda rencana EV dari Ford di masa lalu.

Farley telah mengisyaratkan versi all-electric dari Bronco SUV baru dan pickup kompak Maverick, tetapi Automotive News menunjukkan bahwa untuk saat ini, publik hanya akan mendapatkan versi hybrid dari Bronco untuk bersaing dengan Jeep Wrangler 4xe pada tahun 2024. Versi hibrida dari pickup Bronco Sport dan Ranger juga sedang dikerjakan.

Ford telah mengatakan ingin menjadi "pembuat kendaraan listrik No. 2 yang jelas di Amerika Utara dalam beberapa tahun ke depan dan kemudian menantang untuk menjadi No. 1" - meskipun meningkatnya persaingan dari pembuat mobil warisan lainnya dapat memperumit tujuan itu.

Ford baru-baru ini dikalahkan dalam penjualan EV oleh Hyundai dan Kia, yang menjual 21.467 kendaraan listrik antara Januari dan Mei tahun ini. Ford, sebagai perbandingan, menjual 15.718 EV selama periode yang sama.