Ford Kejar Target Produksi 500 Ribu Unit Truk Listrik per Tahun
Pabrik baru Ford tengah dibangun di Tennessee, Amerika Serikat. (Dok. Ford)

Bagikan:

JAKARTA - Ford berambisi memproduksi hingga 500 ribu unit truk listrik per tahun di pabrik kompleks BlueOval City yang tengah dibangun di Tennessee, Amerika Serikat.

Seperti dikabarkan Reuters, Jum'at, 24 Maret, BlueOval City akan dipersiapkan untuk merakit beberapa pikap listrik milik Ford, seperti model F-Series generasi berikut yang dilakukan oleh perusahaan Project T3.

Mobil pikap Ford itu akan dikembangkan dengan platform truk EV terbaru. Ford mengatakan bahwa platform baru, yaitu TE1, juga akan mendukung SUV listrik lain pada tahun 2026 yang bisa saja menggantikan Ford Expedition dan Lincoln Navigator.

Sebagaimana diketahui, BlueOval City akan menjadi kompleks produksi otomotif terbesar dan paling canggih dalam sejarah Ford selama 119 tahun. Proyek ini memiliki nilai investasi senilai 5,6 miliar AS yang diumumkan pada September 2021, dan mencakup pabrik kendaraan baru serta pabrik gigafactory sel baterai lithium-ion (43 GWh per tahun), yang merupakan usaha patungan dengan SK Innovation's SK On.

CEO Ford, Jim Farley mengatakan produksi akan dimulai dalam waktu sekitar 30 bulan, atau pada musim gugur 2025. Dan pabrik ini mampu memproduksi 500 ribu unit truk listrik per tahun.

Dalam wawancara terbaru dengan Bloomberg, Jumat, 26 Maret, Farley juga memberi tekanan pada Tesla dengan membanggakan teknologi BlueCruise Ford. Ia juga mengatakan truk listrik Ford berikutnya yang akan debut tahun 2025 adalah "produk terobosan".

"Di jalan raya pada hari yang cerah, Anda bisa tidur di truk Anda atau menelepon atau melakukan apa pun yang Anda ingin lakukan saat truk itu mengemudi untuk Anda," kata Farley