Bagikan:

JAKARTA - Produsen mobil asal Amerika Serikat, Ford meluncurkan Ranger Wildtrak X untuk pasar Australia. Versi Wildtrak X ditujukan Ford mengisi celah antara Wildtrak dan Raptor, dengan usung kekuatan off-road dan kenyamanan on-road.

Wildtrak X dilansir Carscoops, Jum'at, 24 Maret, mendapatkan peningkatan dari segi suspensi, mobil yang lebih lebar, serta jarak antar tanah yang lebih dinaikkan.

Dari segi tampilan, Ford Ranger Wildtrak X mendapatkan grille yang agak berbeda, set lampu LED matrix pada bagian depan, logo Ford berwarna hitam, pijakan aluminium yang berada di samping mobil yang membuat mobil ini siap melaju di segala medan.

Perubahan tidak hanya dari tampilan, Ford juga mengubah segi kestabilan mobil. Ranger Wildtrak X dilengkapi beberapa peningkatan pada suspensi, yakni Bilstein Position-Sensitive Dampers baru yang memiliki teknologi End Stop Control Valve (ESCV).

Tak hanya itu, Ford juga mengatakan bahwa Ranger Wildtrak X memiliki daya peredam baru dengan "tuning bandwidth" yang lebih besar sehingga membuat mobil pikap andalan Ford tersebut memiliki kemampuan baik di dalam maupun luar jalur.

Mobil ini terlihat semakin gagah dengan dipasangkan pelek 17 inci yang ditempelkan dengan ban General Grabbel AT3 265/70 R17 yang memiliki ketahanan yang luar biasa.

Dengan memiliki roda yang lebih besar serta suspensi yang lebih ditingkatkan, alhasil lebar lintasan sebesar 30 mm pada kedua sisi meningkat serta menaikkan ground clearance 26 mm bila dibandingkan versi standarnya.

Untuk daya pacu yang ditawarkan, Wiltrak X memiliki mesin diesel 4-silinder bi-turbo 2,0 liter yang dapat mengeluarkan daya 201 dk serta torsi 500 Nm. Mesin tersebut digabungkan dengan transmisi otomatis sepuluh percepatan dan sistem penggerak empat roda (4WD).

Untuk membantu melewati medan berat, ada tambahan fitur Trail Turn Assist yang dapat melakukan pengereman pada roda belakang saat di trek kasar, serta Trail Control yang dapat mengatur kestabilan kecepatan hingga 32 km/jam.

Wildtrak X juga dilengkapi fitur dalam interior berupa kluster instrumen 12,4 inci, layar sentuh infotainmen12 inci, sistem audio premium B&O, serta overheard auxiliary switch bank.

Mobil pikap gagah tersebut akan hadir di diler Australia pada paruh kedua tahun 2023. Wildtrak X diperkirakan dijual 84.789 dolar Australia atau kisaran Rp856,5 jutaan untuk OTR.

Foto :