Tiga Mobil Ford terkena <i>Recall</i> dengan Tiga Kasus Berbeda
Ford Mavericks 2023 (sumber : Ford)

Bagikan:

JAKARTA - Ford kembali melakukan penarikan kembali (recall) pada mobil mereka. Kali ini, produsen mobil asal Amerika Serikat tersebut melakukan recall sebanyak 5.000 kendaraan dengan tiga masalah berbeda.

Model yang terkena proses recall, yakni Bronco produksi 2021, model F-53 dan F-59 keluaran 2022, dan Mavericks 2023. Dari total 5.011 kendaraan yang terkena penarikan, model F-53 dan F-59 ditarik kembali sebanyak 644 unit.

Seperti yang dilansir Carscoops, Senin, 20 Maret, diadakannya penarikan kembali pada F-53 dan F-59 kemungkinan disebabkan oleh baut kaliper rem belakang yang longgar. Sehingga, baut tersebut perlu dikencangkan. Ford akan mengirimkan surat pemberitahuan pada 10 April mendatang.

Kendaraan lainnya yang terkena proses recall ialah Bronco tahun produksi 2021 dan 2022. Penyebab terjadinya recall pada model tersebut ialah kesalahan pada sistem infotainment SYNC 8 inci yang sering memunculkan gambar pada kamera belakang walaupun pengemudi sedang tidak memundurkan mobilnya.

Ford akan menanganinya dengan membawa Bronco ke diler, kemudian perangkat lunak pada kendaraaan segera diperbarui. Surat recall telah disampaikan kepada Badan Keselamatan Jalan Raya Amerika Serikat (NHTSA) di mana pemberitahuan harus dikirimkan kepada pemilik mobil paling lambat 1 Mei.

Proses recall dengan jumlah unit terbanyak, yakni model Mavericks 2023 sebanyak 2.716 truk. Mobil tersebut membutuhkan sirkuit listrik tambahan pada rangkaian kabel ruang mesin, yang dapat menyebabkan lampu belakang trailer tidak menyala. 

Berbeda dari dua kasus lainnya, Ford akan mengirimkan surat pemberitahuan ke pemilik mobil lebih awal, yakni 27 Maret.