Ford Tarik Kembali 1,2 Juta Unit Fusion dan Lincoln MKZ, Terkendala Masalah Pengereman
Ford Fusion. (Dok. Ford)

Bagikan:

JAKARTA - Penarikan kembali atau recall massal kembali terjadi pada Ford. Kali ini model yang terkena recall ialah Ford Fusion dan Lincoln MKZ.

Kendaraan yang kena imbas berjumlah 1.280.726 unit. Penarikan bersebab permasalahan pada rem depan. Saat ini, Ford belum mengetahui adanya cedera pada konsumen, namun satu kasus kecelakaan sudah dicatat.

Penarikan kedua model tersebut mencakup mode produksi 2013 hingga 2018, dan sepertinya tidak semua mobil dapat diproses penarikan kembali dalam jangka waktu tertentu. 

Badan Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Amerika (NHTSA) mengatakan bahwa hanya kendaraan yang non-hybrid yang berisiko. Ford menarik kembali Fusion sebanyak 1.167.825 unit dan Lincoln MKZ 112.901 unit.

Permasalahan utama ada pada selang rem depan, serta selang karet yang menghubungkan saluran rem logam ke kaliper. Selang ini sewaktu-waktu bisa pecah saat mengalami pergerakkan suspensi dan kemudi secara berulang.

Selama masa pengujian, kerusakan pada selang yang disebabkan oleh pergerakan suspensi berdampak sebanyak 88 persen. Permasalahan tersebut telah dilaporkan. Namun, kegagalan total sistem pengereman tidak akan langsung terjadi.

Pada bagian rem Fusion dan MKZ, kedua mobil ini memiliki banyak sirkuit yang artinya rem masih dapat berfungsi jika terjadi kerusakan seperti yang telah dijelaskan. 

Ford akan mengatasi masalah ini dengan hanya mengganti selang depan dan remnya diperiksa. Selang baru nantinya menggunakan bahan yang diperkuat, serta menjelaskan konsumen tidak dikenakan biaya.