Alami Masalah pada Pintu, Ford Escape Berpotensi Ditarik Kembali
Ford Escape 2020. (Dok. Ford Motor Company)

Bagikan:

JAKARTA - Pabrikan kendaraan asal Amerika Serikat, Ford, mengalami masalah pada salah satu SUV-nya, Escape. Permasalahan ini terkait dengan bagian kait pintu pada model tersebut, yang memerlukan investigasi lebih lanjut.

Dilansir dari laman Carscoops, Sabtu, 15 Juli, lebih dari 100 konsumen melaporkan masalah kait pintu ini kepada Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) terkait model Ford Escape 2020-2021.

Office of Defect Investigations (ODI), badan pemeriksaan, telah membuka "Evaluasi Awal" setelah menerima setidaknya 118 keluhan terkait SUV tersebut. Menurut ODI, masalah terjadi pada sambungan braket di bagian pintu depan unit, menyebabkan pintu tidak terkunci dengan benar dan berpotensi sulit dibuka atau bahkan terbuka secara tiba-tiba saat kendaraan melaju.

Potensi cacat ini dapat mempengaruhi 346.071 unit kendaraan secara keseluruhan. Dalam evaluasi awal ini, ODI juga mendapatkan laporan 25 kasus cedera ringan dan satu kasus kerusakan komponen ringan dari wawancara dengan konsumen.

Saat ini, investigasi masih berlangsung, dan belum ada keputusan tentang penarikan kembali (recall). Namun, langkah awal ini penting untuk menilai risiko bahaya bagi keselamatan konsumen dan apakah recall diperlukan.

Jika recall diperlukan, ini akan menjadi kali kedua Ford harus menarik kembali model Escape dari peredaran. Pada bulan Juni sebelumnya, Ford telah menarik 86.656 unit Ford Escape produksi 2020-2022 karena masalah pada mesin.