Komponen yang Perlu Dicek saat Service Mobil, Jangan Sampai Kelewatan!
Ilustrasi service mobil (foto: Freepik/serhii_bobyk)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Mobil perlu mendapatkan maintenance atau perawatan secara rutin. Ada beberapa komponen yang perlu dicek saat service mobil. Service berkala wajib dilakukan agar komponen mobil tetap baik dan performa tetap prima, sehingga nyaman dan aman saat dikendarai. 

Jangan sampai Anda telat atau mengabaikan perawatan mobil. Mobil yang tidak pernah diservis maka akan berisiko rusak. Kondisi ini tentunya akan merugikan pemilik mobil. Mulai dari harus mengeluarkan ongkos servis lebih besar, hingga membahayakan keamanan saat mengendarai mobil. 

Itulah mengapa pemilik mobil wajib melakukan servis secara rutin agar terhindar dari risiko buruk, mulai dari bensin boros, harga jual menurun, rawan kecelakaan, dan lainnya. Anda juga perlu tahu ada sejumlah komponen yang perlu dicek saat service mobil. 

Komponen yang Perlu Dicek saat Service Mobil

Hidup atau jalannya sebuah mobil didukung dari beberapa komponen. Setiap komponen memiliki fungsi atau perannya masing-masing dalam menciptakan performa mobil. Komponen-komponen ini juga harus selalu diperhatikan dan mendapat perawatan secara rutin agar mobil tetap dalam kondisi baik. 

Berikut ini tips dan sejumlah komponen yang perlu dicek saat servis mobil:

Filter Oli dan Penggantian Oli

Bagian oli merupakan komponen yang sangat penting atau krusial dalam setiap mobil. Pengecekan pada oli perlu dilakukan secara rutin, terlebih apabila mobil sudah dalam pemakaian lama. Jika filter olinya kotor, proses penyaringan tidak bisa berjalan dengan maksimal. 

Oli mesin butuh diganti setiap menempuh jarak 1.000 km pertama dan harus selalu mendapat perhatian khusus. Oli harus selalu dijaga karena berperan sebagai pelumas mesin supaya proses pembakarannya sempurna. 

Busi

Komponen lainnya yang perlu dicek saat servis mobil adalah bagian busi. Meskipun barangnya berukuran kecil, namun busi punya peran penting dalam menjalankan mobil. Busi dibutuhkan untuk memantik mesin mobil agar nyala. 

Busi harus selalu diganti apabila kondisinya sudah kotor. Apabila busi kotor, maka mobil sulit dinyalakan. Selain itu, busi kotor juga bisa menyebabkan bahan bakar menjadi boros. Sebaiknya selalu ganti busi setiap menempuh jarak 20.000 km. 

Aki

Aki juga menjadi komponen penting dalam mobil. Aki perlu mendapat perawatan secara rutin karena berfungsi sebagai sistem kelistrikan mobil. Apabila aki lemah atau rusak, maka mobil jadi tidak bisa dinyalakan. Apabila masa pemakaian aki sudah perlu diganti, maka segera ganti aki dengan yang baru sebelum mobil Anda mogok. 

Umumnya aki kering pada mobil memiliki usia pakai antara 2 - 5 tahun. Namun umur aki juga dipengaruhi dari pemakaian atau perawatan mobilnya. Pada aki basah, Anda bisa melakukan perawatan dengan cara selalu menambah air pada aki basah. Jadi selalu cek daya aki Anda apakah masih bagus atau sudah melemah.

Filter Udara dan AC

Filter udara dan AC juga menjadi komponen yang perlu dicek saat servis mobil. Filter udara memiliki peran penting, yakni berfungsi menyaring udara yang masuk ke ruang bakar. Udara yang disalurkan harus bersih dari kotoran agar hasilnya juga sempurna. 

Filter AC juga memiliki fungsi penting, yakni bekerja mencegah debu, kuman, bakteri, dan partikel kecil supaya tidak masuk ke evaporator. Dengan adanya filter ini, udara yang dihasilkan dalam kabin mobil menjadi lebih bersih dan sehat.

Kampas dan Minyak Rem

Kampas dan minyak rem juga memiliki fungsi penting pada mobil. Kampas rem perlu diganti secara rutin, mengingat semakin lama pemakaian mobil maka kampas rem akan menipis dan gigitannya tidak kuat. Kondisi ini cukup membahayakan saat mobil sedang melaju atau dikendarai. 

Kampas Kopling

Komponen lainnya juga juga perlu dicek saat servis mobil adalah kampas kopling. Kampas kopling berfungsi memutus dan menyambungkan tenaga yang dihasilkan pada mesin ke sistem transmisi. Kampas kopling perlu diganti saat mobil sudah menempuh jarak 30.000 km hingga 40.000 km. 

Spooring dan Balancing

Pengecekan saat servis mobil juga perlu dilakukan pada bagian ban, spooring dan balancing. Spooring dan balancing merupakan perbaikan dalam ban mobil. Perawatan atau servis pada bagian ban wajib dilakukan demi mendukung keselamatan dalam berkendara. 

Kaki-Kaki

Komponen lainnya yang juga penting untuk dicek saat servis mobil adalah bagian kaki-kaki. Bagian all joint, tie rod, stabilizer, bushing perlu mendapat perawatan secara rutin karena menopang laju mobil di jalanan. Bagian kaki-kaki pada mobil yang selalu dikendarai di jalan datar memiliki usia pakai setiap 100.000 km atau sekitar 5 tahun sekali. 

Demikianlah ulasan mengenai komponen yang perlu dicek saat servis mobil. Bagi Anda pemilik mobil, pastikan selalu memperhatikan sejumlah komponen di atas saat melakukan perawatan karena masing-masing memiliki fungsi penting. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.