Airlangga Pastikan KIB Tak Terpengaruh dengan Pencapresan Ganjar PDIP
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memastikan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bentukan Golkar-PAN-PPP tidak terpengaruh dengan pengumuman Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) dari PDIP.

Menurut Airlangga, pengusungan capres merupakan ranah masing-masing partai atau gabungan partai politik.

"Ya itu kan masing-masing parpol punya pencapresan sendiri, biasa saja," ujar Airlangga usai salat Idulfitri 1 Syawal 1444 Hijriah bersama keluarga besar Partai Golkar, di Masjid Ainul Hikmah, Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Sabtu 22 April.

Airlangga juga menegaskan KIB masih solid dan terus membangun komunikasi secara intensif. Yang jelas, KIB sudah memiliki tiket untuk mengusung pasangan capres-cawapres di Pilpres 2024.

"KIB terus komunikasi lancar, alhamdulillah," kata Airlangga.

Airlangga mengatakan KIB juga terus membangun komunikasi dengan Gerindra dan PKB yang tergabung dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) untuk membangun Koalisi Besar. Menurut dia, pasca Lebaran, Koalisi Besar bakal dibahas secara mendalam dengan lima ketua umum yang tergabung dalam KIB dan KKIR.

"Ke depan kita tentu akan bahas dengan ketum," pungkas Airlangga.

Sebelumnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengumumkan secara resmi Ganjar Pranowo sebagai capres dari PDIP. Pengumuman ini dilakukan di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat 21 April dan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Ketua DPP Puan Maharani dan Prananda Prabowo serta Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.