Ganjar Pranowo Berpeluang Besar Ikut Diusung PPP di Pilpres 2024
Wakil Ketua Ketua Umum PPP Arsul Sani/DOK VOI-Nailin In Saroh

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua Ketua Umum PPP Arsul Sani menilai Ganjar Pranowo berpeluang besar diusung partainya menjadi calon presiden pada Pemilihan Presiden 2024 usai Gubernur Jawa Tengah itu resmi diusung sebagai capres oleh PDIP.

Arsul menjelaskan Ganjar Pranowo merupakan salah satu nama yang banyak disuarakan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) dan Dewan Pengurus Cabang (DPC) PPP untuk menjadi calon presiden (capres) dari PPP.

Karena itu, Arsul Sani menyampaikan keputusan PDIP mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden membuka kemungkinan PPP untuk mengadakan forum permusyawaratan partai guna membahas capres dan calon wakil presiden (cawapres) yang nantinya akan diusung  PPP untuk Pilpres 2024.

“Dalam hal ini, nama Ganjar Pranowo dengan sendirinya memiliki peluang besar untuk diusung PPP,” kata Arsul Sani dikutip ANTARA, Jumat, 21 April.

Dia menyampaikan keputusan PDIP mengusung Ganjar Pranowo berarsiran dengan aspirasi sebagian pengurus PPP.

“PPP menyambut positif pencapresan Ganjar Pranowo (GP) oleh PDIP. Nama GP selama ini termasuk nama yang banyak disuarakan sejumlah DPW dan DPC PPP sehingga keputusan PDIP ini mempunyai arsiran yang sama dengan aspirasi sebagian struktural PPP,” kata Arsul Sani yang juga anggota DPR itu.

Sejauh ini, ditegaskan Arsul Sani, PPP masih tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri atas Partai Golkar dan PAN. KIB belum mengumumkan nama-nama capres dan cawapres yang akan diusung untuk Pilpres 2024.

Ganjar Pranowo, yang saat ini masih aktif sebagai Gubernur Jawa Tengah diumumkan secara resmi sebagai calon presiden dari PDIP, Jumat. Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengumumkan itu secara langsung pada Rapat DPP Partai Ke-140 Diperluas Tiga Pilar dengan agenda konsolidasi internal dan silaturahim Idul Fitri 1444 H di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat.

“Menetapkan saudara Ganjar Pranowo, sekarang adalah Gubernur Jawa Tengah sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai Calon Presiden Republik Indonesia dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan,” kata Megawati.

Ganjar Pranowo, yang turut hadir dalam rapat partai menyampaikan dirinya berkomitmen melanjutkan kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

“Tentu terobosan-terobosan yang diberikan Pak Jokowi, fundamentalnya yang sudah dibangun, mesti kita lanjutkan. Hanya kita yang terus berkomitmen untuk melanjutkan itu,” kata Ganjar.